Harga Juicer VS Harga Blender Serta Perbedaan dan Persamaan Keduanya

harga juicerMenikmati jus buah dingin memang sangat menyegarkan, apalagi diminum saat cuaca panas. Membuat segelas jus diperlukan alat pengolah eletrik, seperti blender atau juicer. Kedua alat tersebut secara fungsi sama, tapi dari segi harga juicer lebih mahal dibandingkan blender. Dalam Artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai persamaan dan perbedaan juicer dan blender, berikut ulasannya:

Juicer

Secara sederhana juicer adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghasilkan sari buah (jus) dalam bentuk terkonsentrasi. Hasil akhir menggunakan juicer akan menghasilkan jus yang bersih dari serat, biji dan kulit buah. Biasanya alat ini digunakan untuk menghaluskan sayur-sayuran atau buah-buahan yang seratnya kasar, seperti: wortel, apel, nanas, seledri, brokoli dan lain sebagainya.

Juicer dilengkapi pembuangan untuk kulit, serat dan biji yang tidak diikutsertakan pada hasil akhir. Ada juga model juicer yang mengumpulkan bahan sisa dalam sebuah saringan yang bisa dibuka kemudian dibersihkan setelah selesai membuat jus. Kelebihan menggunakan juicer adalah prosesnya lebih mudah karena Anda tidak perlu repot mengupas kulit buah dan membuang bijinya. Sedangkan kekurangannya adalah harga juicer lumayan mahal dan vitamin yang ada diserat buah terbuang bersama ampasnya.

Blender

Blender adalah sebuah alat yang sama fungsinya dengan juicer bedanya buah-buahan atau sayuran yang baik diblender biasanya yang memiliki serat halus, contohnyaL papaya, melon, mangga, semangka, tomat, mentimun, sirsak dan lain sebagainya.

Berbeda dengan juicer, hasil akhir pada blender semua bahan tercampur rata karena semua bahan tercampur rata. Kelebihan blender adalah harganya yang relatif terjangkau alias murah. Lebih mudah dibersihkan karena hanya menggunakan satu wadah saja dan hasil akhir jus lebih banyak.

Kekurangan blender adalah kita harus memisahkan ampas secara manual, sehingga lebih banyak memakan waktu.

Kesimpulan

Setelah mengetahui blender dan juicer dari penjelasan singkat diatas, maka kita bisa menarik kesimpulan mengenai perbedaan dan persamaan blender dengan juicer, yaitu:

  • Menggunakan juicer, ampasnya terpisah secara otomatis oleh mesinnya, sedangkan pada blender ampasnya harus dipisahkan secara manual.
  • Membersihkan juicer lebih sulit dibandingkan membersihkan blender yang lebih mudah karena hanya menggunakan satu alat saja.
  • Jumlah jus yang dihaluskan oleh blender lebih banyak dibandingkan dengan hasil akhir juicer. Karena menggunakan juicer seratnya akan terbuang berbeda dengan blender, dimana serat buahnya terbawa di dalam jus.

Nah, setelah membaca ulasan singkat mengenai perbedaan dan persamaan blender dan juicer, apakah Anda lebih memilih menggunakan juicer atau blender? Pada dasarnya kedua alat tersebut memiliki efek yang sama. Khasiat buah dan sayur yang diproses tidak akan hilang. Anda bisa memilih berdasarkan kebutuhan atau budget. Harga juicer lebih mahal dibandingkan harga blender yang jauh lebih murah. Jika ada dana lebih tidak ada salahnya memiliki kedua-duanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *