Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mesin Bor

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mesin Bor

Sebuah mesin bor tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, dari bor listrik genggam kecil hingga bangku yang dipasang dan akhirnya model yang dipasang di lantai. Mesin ini dapat melakukan operasi selain pengeboran, seperti countersinking, counter boring, reaming, dan penyadapan lubang besar atau kecil. Karena mesin ini dapat melakukan semua operasi dan menyuguhkan banyak pilihan, maka penting sekali untuk Anda mengetahui lebih mendetail lagi sebelum melakukan pembeliannya.

 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mesin Bor

Keselamatan memegang adalah peranan penting dalam operasi apa pun yang melibatkan peralatan listrik. Ada dua jenis mesin ini yang digunakan oleh personil pemeliharaan untuk memperbaiki dan membuat komponen yang dibutuhkan, yaitu umpan-tangan atau aliran listrik. Tipe lain dari mesin ini, seperti press bor radial. Mesin ini dikontrol secara numerik, ada beberapa mesin spindle, mesin penggilingan geng, dan turret drill press, semuanya adalah variasi dari mesin tangan dan bor listrik.

Jika Anda berencana ingin melakukan pembelian pada mesin bor, maka perhatikan hal-hal penting seperti berikut:

  • Dengan kabel atau tidak?

Ini adalah yang pertama dari banyak keputusan penting yang harus dibuat saat Anda memilih jenis mesin ini yang tepat untuk Anda sendiri. Mesin ini tanpa kabel umumnya lebih nyaman digunakan. Selama baterai tetap terisi, Anda dapat menggunakannya di mana saja tanpa perlu repot mencari kabel daya. Namun masa pakai baterai tidak bertahan dalam waktu yang lama. Sedangkan mesin bor dengan kabel dianggap lebih ribet dalam pemakaiannya.

  • Pilih Chuck.

Chuck adalah sesuatu yang memegang bit berbeda dari mesin ini, Anda dapat memilih dari berbagai jenis dan ukuran. Untuk ukuran ¼ , 3/8, dan ½ “adalah ukuran chuck standar di mana 3/8 adalah yang paling populer. Jika apa yang Anda butuhkan adalah mesin berdiameter besar, maka gunakan chuck ½ karena beberapa bit yang lebih besar tidak akan cocok dengan bor 3/8.

  • Fitur penting.

Ada banyak fitur penting di dalam mesin in yang memang harus diperhatikan dengan baik agar bisa memberikan manfaat yang maksimal, yaitu seperti fitur membalikkan, fitur kecepatan yang bervariasi, fitur untuk pengaturan rentang kecepatan, kopling toque dan yang lainnya. 

Kedalaman pengeboran dikendalikan oleh mekanisme kedalaman-berhenti yang terletak di sisi spindle. Operator mesin harus menggunakan perasaan saat memberi makan alat pemotong ke dalam pekerjaan. Operator harus memperhatikan dan waspada. ketika bor menembus pekerjaan, karena kecenderungan bor untuk meraih atau merobek benda kerja, melepaskannya dari perangkat induknya.

Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org 

Karena kecepatan tinggi dari mesin ini, maka untuk pengoperasian juga memerlukan kecepatan pengeboran kurang dari 450 putaran per menit tidak dapat dilakukan. Agar Anda tidak salah dalam melakukan pembelian mesin bor, maka penting sekali bagi Anda untuk mengikuti pada beberapa tips yang ada di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *