Gejala Awal Kerusakan Mesin Mobil yang Harus Diwaspadai

Gejala Awal Kerusakan Mesin Mobil yang Harus Diwaspadai

Semakin tua usia sebuah kendaraan biasanya akan ditandai dengan kerusakan bagian dalam atau mesinnya, seperti halnya mobil. Namun ternyata tak hanya kendaraan yang sudah berusia tua saja yang berpotensi rusak, melainkan juga yang jarang digunakan atau tak pernah dipakai, maka juga sangat berpotensi di dalam mengalami kerusakan, umumnya mesin mobil akan menunjukkan serangkaian gejala jika sudah mulai bermasalah.

Gejala Awal Kerusakan Mesin Mobil yang Harus Diwaspadai

Berikut ini setidaknya ada beberapa gejala yang timbul karena mesin mengalami masalah atau mulai rusak, diantaranya adalah:

Power menurun, gejala awal yang bisa diidentifikasi sebagai kerusakan mesin dalah bagian power atau performa dari kendaraan yang tiba-tiba turun. Biasanya jika bagian power ini yang mengalami gejala turun atau dropout, maka bisa jadi kerusakan mesin pada bagian yang paling inti, sehingga jika tak segera diatasi tentunya akan menyebabkan masalah yang jauh lebih serius pada kendaraan tersebut, untuk itu segera lakukan service untuk menindaklanjutinya.

Baca juga: Cara Sederhana Bagi Pemula Merawat Mesin Mobil

  1. Suara bising atau kasar, hal lainnya yang menunjukkan terjadinya kerusakan mesin mobil adalah perubahan yang terjadi pada bagian suara, dimana jika dalam kondisi yang normal atau baik-baik saja, biasanya suara dari kendaraan tersebut juga akan halus dan tidak menganggu, namun jika sudah bermasalah maka akan muncul suara yang lebih bising, karena pembakaran terkadang berlangsung secara tidak sempurna, pastinya terjadi masalah di bagian mesin kendaraan tersebut.
  2. Asap hitam atau putih pekat dari knalpot, ketika pembakaran BBM tak berlangsung secara optimal, maka gejalanya bisa dilihat dari sisa atau buangan dari kendaraan tersebut. Dimana dalam kondisi normal asap yang akan dikeluarkan oleh mobil berwarna putih dan terlihat transparan, maka berbeda jika kondisi mesinnya rusak, maka akan memiliki warna hitam atau putih yang pekat. Terkadang warna tersebut karena pada sisa gas yang keluar bercampur dengan zat lain, misalnya adalah oli, ketika ada bagian yang bocor atau bercampur dengan zat atau cairan pendingin dari AC yang bocor.
  3. Susah dihidupkan, pada kondisi normal maka hanya dengan sekali starter saja mesin tersebut akan menyala, namun jika sudah mulai dilihat tanda-tanda kerusakan mesin dalam, maka untuk menyala atau hidup akan sangat susah. Karena biasanya daerah di bagian lubang busi dan juga injektor mulai berkerak, sehingga nantinya aliran listrik juga tak kunjung ditransfer oleh mesin, mobil jadi susah untuk dihidupkan.

Waspadai karena mungkin salah satu gejala kerusakan mesin mobil tersebut sudah terjadi pada kendaraan Anda, maka pastikan untuk melakukan pengecekan lebih lanjut, bawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan perbaikan, karena semakin dibiarkan terkadang kerusakan pada kendaraan tersebut juga akan semakin berlangsung parah, untuk itu harus diwaspadai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *