Fungsi dan Macam-macam Jenis dari Mesin Gerinda yang Perlu Diketahui

Mesin gerinda merupakan salah satu mesin perkakas yang dapat digunakan sebagai alat memotong atau mengasah serta menggerus suatu benda kerja dengan tujuan atau sesuai kebutuhan tertentu. Cara kerja mesin yang satu ini yaitu dengan berputar dan bersentuhan dengan beda kerja lainnya sehingga bisa terjadi sebuah pengikisan, pengasahan atau pemotongan dan juga Penajaman sebuah benda. Masih belum banyak yang mengetahui fungi utama dari mesin yang satu ini. mesin ini biasa digunakan oleh mereka yang bekerja dibidang konstruksi atau sejenisnya. Ada berbagai macam jenis mesin ini yaitu: 

  • Surface Grinding

Jenis mesin yang satu ini biasa digunakan sebagai pembuat bentuk yang datar serta permukaan yang rata dengan sebuah benda kerja dengan meletakkan dibawah batu gerinda yang berputar. Umumnya mesin ini digunakan untuk penggerindaan pada permukaan meja yang membuat mesinnya bergerak secara horizontal bolak-balik. Meja pada mesin ini bisa dioperasikan dengan cara manual ataupun otomatis dengan mengatur pada bagian tuasnya. Prinsip utama dari mesin surface grinding ini yaitu gerakan bolak-balik pada benda kerja serta gerakan rotasi dari tool. 

  • Gerinda Tangan

Mesin gerinda tangan ini merupakan mesin yang memiliki fungsi sebagai penggerinda suatu benda kerja. Dengan tujuan agar dapat mengasah benda kerja tersebut seperti pisau dan pahat, serta bertujuan untuk membentuk suatu benda kerja seperti untuk merapikan hasil dari pemotongan, merapikan hasil las, mempersiapkan permukaan benda kerja agar siap dilas dan lain sebagainya. Desain dari mesin ini yaitu dengan dapat menghasilkan suatu kecepatan 11000-15000 rpm. Sehingga dengan kecepatan seperti itu dapat menggerus permukaan logam dan menghasilkan bentuk yang diinginkan. Kecepatan tersebut juga bisa digunakan untuk memotong suatu benda logam dengan batu gerinda khusus untuk memotong. 

  • Gerinda Duduk

Fungsi utama dari gerinda duduk yaitu untuk mengasah mata bor, akan tetapi dapat juga digunakan dalam mengasah pisau, seperti mengasah pisau dapur, kampak, golok, mata bajak, dan perkakas pisau lainnya. Juga dapat digunakan untuk membentuk dan membuat perkakas baru. Anda juga dapat membuat suku cadang mesin jahit membuat pisau khusus untuk meraut bambu, , membuat obeng, atau alat yang lainnya untuk reparasi dan mesin lainnya. 

  • Gerinda Lurus

Fungsi dari gerinda lurus ini yaitu untuk membuat ukiran atau profil pada suatu permukaan benda. Biasanya Gerinda lurus ini memiliki batu gerinda yang kecil dan sangat fleksibel pada saat digunakan untuk pengukiran pada permukaan suatu komponen. Dari seluruh jenis mesin gerinda diatas salah satunya pasti Anda membutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaannya Anda. Pilih dan gunakan mesin tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga rawatlah mesin tersebut sehingga dapat Anda gunakan kapanpun dan mesin dapat bertahan lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *