Dua Jenis Mesin Cetak Ini Sering Digunakan Karena Kelebihannya

Dua Jenis Mesin Cetak Ini Sering Digunakan Karena Kelebihannya

Hampir seluruh perindustrian di Indonesia sudah mencicipi produk-produk yang dihasilkan dari perkembangan teknologi dan perkembangan zaman yang semakin hari semakin modern dan memudahkan hidup manusia. Perkembangan tersebut dapat dirasakan dari adanya mesin atau alat yang membantu pekerjaan perindustrian tersebut menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah industry percetakan yang dimana memiliki mesin-mesin yang dapat membantu untuk dapat mencetak dengan lebih cepat dan juga memiliki kualitas yang lebih baik dari mesin cetak yang sebelumnya. Jenis mesin yang dipakai dalam percetakan ada 2 jenis, yaitu Offset dan Digital Printing.

Dua Jenis Mesin Cetak Ini Sering Digunakan Karena Kelebihannya

  • Offset

Mesin yang dapat membantu proses pencetakan yang pertama adalah mesin Offset. Jenis ini memang sudah digunakan dari beberapa tahun yang lalu, namun nyatanya mesin ini masih kerap digunakan karena kualitasnya yang sangat baik. Mesin ini memakai plat, dimana dapat dijadikan sebagai media transfer pada yang akan dicetak ke medianya, yaitu kertas, dan bahan lainnya. Namun, sayangnya mesin ini masih belum bisa mencetak dalam jumlah yang banyak pada satu waktu, karena harga plat yang mahal.

Namun, ada beberapa kelebihan dari menggunakan alat ini. Berikut ini adalah kelebihan mesin offset:

  • Jika menggunakan kertas tebal, maka akan lebih terasa kasar atau seperti kertas dengan tekstur.
  • Dapat menggunakan kertas yang lebih besar, bisa mencapai A1 sampai dengan A0 sekali pun.
  • Mesin cetak ini dapat mencetak warna-warna yang sangat khusus atau langka untuk dicetak, seperti emas atau silver.
  • Hasilnya tajam, namun jika ditambah dengan tinta full block, maka akan semakin tajam dan warna menjadi jauh lebih merata.
  • Digital Printing

Jenis mesin yang sering digunakan dalam dunia percetakan yang kedua adalah mesin digital printing. Mesin ini memiliki teknologi yang sudah canggih, yaitu dimana mesin ini tidak memakai plat sebagai alat atau media untuk mentransfer, namun memilih untuk langsung dicetak dengan menggunakan komputer, dan cara kerjanya pun menyerupai sebuah Printer. Biaya yang dikeluarkan untuk mencetak dengan alat ini pun sangat jauh lebih murah dibanding dengan menggunakan mesin Offset, meski pun Anda hanya ingin mencetak dalam jumlah yang sedikit saja.

Baca juga Lakukan Dulu 4 Pertimbangan Ini Baru Membeli Mesin Scanner

Disamping itu, ada pula beberapa keuntungan atau kelebihan yang dapat Anda rasakan ketika memilih mesin cetak ini:

  • Dengan menggunakan mesin ini, hasil cetakannya keluar dengan sangat cepat, tidak berhari-hari, melainkan hanya dalam hitungan jam saja.
  • Meskipun hanya mencetak dalam jumlah sedikit sekali, harganya tidak beda jauh dengan mencetak dengan mesin ini, namun dalam jumlah yang banyak.
  • Jika mesin lainnya hanya mencetak dengan 100% sama, namun mesin ini mampu mencetak dengan berbeda-beda, sesuai dengan permintaan Anda. Misalnya, tulisan pada kertas tersebut memiliki perbedaan warna atau font yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *