Cara Tepat Merawat Mesin Mobil Kuno Anda Agar Awet

Cara Tepat Merawat Mesin Mobil Kuno Anda Agar Awet

Memiliki mobil tua ataupun mobil kuno merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang, selain bentuk yang unik pada mobil tersebut, body yang memang terlihat lebih kokoh menjadi alasan tersendiri para pemilik mobil untuk dapat mengoleksi mobil tersebut. Meskipun mobil kuno memiliki beragam keunggulan didalamnya, namun mesin pada mobil tersebut haruslah tetap dijaga dengan baik. Bagi Anda para pemilik mobil kuno, berikut ini beberapa tips yang mungkin dapat Anda gunakan untuk dapat melakukan perawatan pada mesin mobil yang Anda miliki dengan tepat dan mudah.

 Cara Tepat Merawat Mesin Mobil Kuno Anda Agar Awet

Untuk dapat menjaga stabilitas dari mesin pada mobil kuno yang Anda miliki, hal pertama yang harus Anda perhatikan dengan seksama adalah sistem penggantian oli pada mesin. Pastikan bahwa Anda melakukan penggantian oli secara rutin dan berkala untuk menjaga stabilitas dari mesin tersebut. Oli pada mesin tidak hanya berfungsi sebagai pelumas saja, namun juga memiliki fungsi lain sebagai pencegah terjadinya korosi pada bagian-bagian yang terdapat pada mobil yang Anda gunakan. Oleh karenanya selain mengganti oli secara berkala, akan lebih disarankan bagi Anda untuk dapat melakukan penggantian dengan menggunakan oli terbaik dan sesuai dengan jenis mesin yang dimiliki oleh mobil tersebut. 

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan perawatan pada mesin mobil kuno yang menjadi koleksi dalam rumah, antara lain adalah:

  • Lakukanlah pengecekan pada bagian mesin secara berkala, pastikan bahwa Anda selalu melakukan pengecekan pada bagian ring ataupun karet penyangga yang terdapat pada mesin. Segera lakukan pengencangan jika memang terdapat ring ataupun karet penyangga yang kendor ataupun rusak.
  • Gunakanlah bahan bakar non timbal yang memang tidak menimbulkan timbulnya kerak pada mesin, dimana kerak inilah yang nantinya dapat menimbulkan korosi pada bagian mesin.
  • Selalu bersihkan bagian mesin pada mobil secara teratur, dan pastikan tingkat kebersihan pada mesin tersebut secara lebih detail.

  Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org

Hal lain yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kinerja dari mesin mobil adalah dengan memperhatikan kondisi dari aki mobil. Jika mobil tidak akan Anda gunakan dalam jangka waktu yang lama, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk mencopot bagian kabel dengan kepala aki, agar nantinya aki tidak mudah tekor. Aki yang tekor biasanya akan menimbulkan kendala tersendiri, terutama ketika mesin pada mobil hendak dinyalakan. 

Hal utama lainnya yang juga harus Anda perhatikan dalam melakukan perawatan pada mesin mobil kuno yang Anda miliki adalah melakukan pemanasan pada mesin secara teratur, terutama dipagi hari dengan intensitas waktu sekitar 5 hingga 25 menit setiap harinya. Sistem pemanasan pada mobil ini selain dapat menjaga kualitas dari kinerja mesin, juga menghindarkan bagian lainnya yang terdapat pada mesin akan terjaga kondisinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *