Cara Perawatan Mesin Bubut dengan Benar Agar Awet

Cara Perawatan Mesin Bubut dengan Benar Agar Awet

Mesin bubut merupakan jenis mesin yang berperan dalam membentuk benda kerja menjadi benda yang sesuai dengan keinginan Anda. Mesin ini pun juga termasuk dalam kategori mesin berat. Sedangkan untuk setiap komponen atau bagian mesin ini pun juga membutuhkan perawatan yang tidak boleh dilakukan dengan cara yang sembarangan. Jika Anda melakukan perawatan dengan cara yang rutin dan benar, maka Anda tidak akan mengalami banyak kendala atau kerusakan pada mesin yang satu ini, namun jika Anda melakukan perawatannya dengan cara yang salah, maka hal ini akan menjadikan mesin mudah mengalami kerusakan.

Cara Perawatan Mesin Bubut dengan Benar Agar Awet

Perawatan yang dilakukan ini sangat berguna untuk melindungi agar mesin tidak mudah mengalami kerusakan. Dengan melakukan perawatan dengan cara yang benar, maka untuk pengoperasiannya pun juga dapat berjalan dengan baik serta untuk pekerjaan yang Anda lakukan pun juga tidak akan terganggu. Oleh sebab itulah penting bagi Anda untuk bisa melakukan perawatannya dengan cara yang benar dan tepat.

Apabila Anda belum mengetahui tata cara dalam melakukan perawatannya, maka Anda dapat untuk mengintip beberapa tips yang ada di bawah berikut ini yang akan membantu diri Anda agar bisa melakukan perawatan dengan cara yang benar dan tepat. Sehingga performa dari mesin bubut dapat berjalan dengan baik serta tidak akan ada kendala apa pun yang akan Anda rasakan.

Berikut ini cara melakukan perawatannya, yaitu:

  1. Penggantian oli atau pelumasan mesin sangat penting untuk dilakukan secara rutin, sehingga pastikan bahwa Anda tidak melupakan hal ini.
  2. Jangan lupa untuk memberikan grease, yang mana grease ini diberikan dan diharuskan untuk memakai oli yang telah disyaratkan oleh pabrik agar performa dari mesin tetap terjaga dengan baik dan terhindarkan dari yang namanya kerusakan.
  3. Apabila Anda sudah selesai menggunakan mesin, maka sebaiknya segera bersihkan pada bagian-bagian yang ada pada mesin, karena mesin saat digunakan akan ada banyak hasil pemotongan dan cairan pendingin.
  4. Untuk pemasangan pada benda kerja yang ada pada poros utama, maka tidak diperkenankan untuk memukul benda dengan keras menggunakan palu.
  5. Jagalah dan cermati dengan seksama pada pengoperasian mesin, dan jangan sampai beram-beram halus dan juga besi tulang jatuh pada meja mesin dan terbawa oleh eretan.
  6. Aturlah handel-handel dengan posisi netral setelah Anda selesai menggunakannya.

Baca juga: Inilah Beberapa Jenis Mesin Bubut yang Ada Saat Ini

Pada dasarnya melakukan perawatannya tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan, sehingga jangan sampai mesin bubut yang Anda miliki mengalami kerusakan akibat dari proses perawatan yang tidak Anda lakukan dengan benar. Dengan mengikuti ke 6 langkah yang ada di atas maka Anda dapat untuk melakukan perawatannya secara teratur dan dengan cara yang benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *