Cara Mudah Merawat Mesin Jahit Agar Bisa Lebih Awet

Cara Mudah Merawat Mesin Jahit Agar Bisa Lebih Awet

Mesin jahit adalah investasi, baik Anda menggunakannya setiap hari atau sesekali, penting untuk merawat mesin Anda dengan baik. Melakukan tugas perawatan rutin dan menjaga kebersihan mesin Anda dapat memperpanjang usia mesin jahit Anda. Seseorang yang berpengetahuan luas dan berpengalaman akan menyesuaikan waktu dan ketegangan, dan membersihkan area perangkat Anda yang tidak dapat Anda masuki tanpa memisahkan seluruh mesin. Kehidupan mesin Anda akan sangat diperpanjang jika Anda dilayani oleh seorang profesional dari waktu ke waktu.

Cara Mudah Merawat Mesin Jahit Agar Bisa Lebih Awet

Seperti kebanyakan mesin lain, mesin jahit mendapat manfaat dari pemijatan secara teratur. Mesin jahit memiliki banyak bagian yang bergerak internal. Membasahi mesin akan membantu bagian ini menjadi lebih halus dan lebih lama. Mesin jahit dapat dibeli secara online atau di sebagian besar toko kerajinan, dan dirancang khusus untuk digunakan dengan mesin jahit.

Berikut beberapa kiat tentang cara melakukan perawatan mesin Anda:

  • Tutup mesin jahit Anda.

Debu adalah musuh mesin. Untuk menjaga mesin Anda sebersih mungkin, simpan di bawah penutup debu atau dalam casing keras.

  • Gunakan benang berkualitas.

Untuk mencegah penumpukan serat interior, maka merawat mesin jahit yang tepat yaitu dengan menggunakan benang baru dan berkualitas tinggi saat Anda menjahit. Selain itu Anda juga harus mencabut mesin secara teratur, dan membersihkan bagian dalam kumparan dengan kuas kosmetik.

  • Ubah jarum secara teratur.

Sangat mudah untuk melupakan berapa banyak pekerjaan yang dilakukan jarum Anda. Seiring waktu, jarum menjadi kusam, yang dapat menyebabkan benang melingkar, jahitan dilewati, menarik kain dan kerusakan potensial pada mesin. Gantilah jarum Anda setiap delapan jam, atau setiap kali Anda menyelesaikan proyek.

  • Menggunakan udara terkompresi untuk menghilangkan lint.

Setiap kali Anda menyelesaikan proyek, berikan mesin Anda pembersihan menyeluruh. Menggunakan benang baru berkualitas tinggi akan membantu meminimalkan penumpukan serat, tetapi tidak akan menghilangkannya sepenuhnya.

Baca juga: 4 Rekomendasi Merk Mesin Jahit Portable Dengan Kualitas Bagus

Udara terkompresi dapat membantu mengeluarkan benang dan benang dari pakan, cakram ketegangan, dan area kumparan. Saat menggunakan udara terkompresi, pastikan nosel setidaknya berjarak empat inci dari alat berat. Mengeluarkan nosel cukup jauh akan membantu memastikan Anda tidak memasukkan kelembapan apa pun ke dalam mesin. Agar alat berat Anda tetap dalam kondisi prima, buatlah satu titik untuk membuatnya diservis secara profesional setiap tahun. Tidak masalah jika Anda memiliki mesin jahit murah atau model mahal, servis tahunan adalah ide yang bagus.

Kualitas minyak jahit yang jernih dan seharusnya tidak menodai pakaian Anda. Ada beberapa tetes yang Anda butuhkan untuk menjaga mesin Anda diminyaki dengan baik. Pastikan untuk membersihkan mesin, terutama kumparan, sebelum Anda menggunakan oli. Ikuti instruksi di manual pengguna Anda tentang cara meminyaki mesin jahit Anda. Cara ini untuk merawat mesin jahit agar dapat bertahan lebih lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *