Cara Merawat Mesin Motor Agar Terhindar dari Kerusakan

Cara Merawat Mesin Motor Agar Terhindar dari Kerusakan

Sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang paling praktis di luar sana. Mereka memungkinkan kita untuk bergerak melalui kota-kota dengan lalu lintas yang padat dengan cepat dan mudah, serta biaya dan perawatan yang jauh lebih sedikit daripada mobil. Namun, sepeda motor membutuhkan perhatian khusus agar tetap dalam kondisi terbaik khususnya dibagian mesin motor. Ini akan membuatnya tetap berjalan dengan lancar untuk Anda sendiri dan mempertahankan nilai kedua tangan Anda jika Anda ingin menjualnya di masa depan.

 Cara Merawat Mesin Motor Agar Terhindar dari Kerusakan

Pemeliharaan sepeda motor dapat menjaga sepeda motor Anda tetap sehat dan memastikan itu membuatnya bertahan lebih lama lagi. Jika Anda ingin menjaga sepeda motor Anda sehat, Anda harus membersihkan filter udara secara menyeluruh setiap 10.000 km (6.000) atau lebih. Filter ini mencegah kotoran masuk ke mesin sepeda Anda. Jika Anda tinggal di daerah yang Anda kendarai melalui jalan-jalan dengan banyak debu atau kotoran, Anda harus membersihkan filter udara sesering setiap minggu.

Langkah-langkah untuk diikuti dalam merawat mesin motor yaitu:

  • Mengganti oli secara rutin.

Salah satu hal terpenting untuk diingat jika Anda ingin menjaga sepeda motor Anda sehat adalah mengganti oli. Ujung perawatan sepeda motor utama adalah mengganti oli setiap 5.000 atau 10.000 km (3.000 hingga 6.000 mil), tergantung pada model sepeda motor. Penggantian oli biasanya dilakukan setiap tahun selama pemeriksaan tahunan sepeda motor. Jika sepeda Anda baru, Anda harus mengikuti petunjuk dalam manual. Perhatikan bahwa selama musim panas lebih banyak minyak yang dikonsumsi, sementara di musim dingin itu akan bertahan lebih lama. Filter juga harus diubah secara teratur.

  • Mempertahankan bantalan rem sepeda motor.

Hal penting untuk diperhatikan agar bagian ujung sepeda motor sangat bergantung saat bantalan rem lebih tipis dari 2 mm, saatnya untuk mengubahnya. Periksa kampas rem setiap 10.000 atau 15.000 km (6.000 atau 9.000 mil) tergantung di mana Anda tinggal dan berapa banyak yang Anda kendarai. Jika Anda tinggal di kota dengan banyak bukit, Anda harus memeriksa bantalan rem lebih sering. Mengistirahatkan sepeda motor pada tanjakan bisa berbahaya bagi sepeda Anda dan kesehatan orang lain jika bantalan rem Anda tidak dalam kondisi baik.

Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org 

Bagian dari perawatan dasar untuk sepeda motor dianjurkan untuk memeriksa tekanan dan alur ban sebelum memulai perjalanan, memastikan bahwa mereka tidak memiliki retakan, lubang atau yang lainnya agar tidak membahayakan keselamatan Anda. Kondisi cuaca dan tanah dapat mempengaruhi ban, dan Anda harus memperhatikan hal ini dengan sebaik mungkin, terlebih lagi setelah ban dipakai, jangan menunggu terlalu lama untuk mengeceknya. Selain memperhatikan pada mesin motor, maka Anda juga harus memperhatikan baik dibagian ban motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *