Cara Merawat Kompor Listrik Atau Kompor Induksi

Menggunakan kompor listrik atau dikenal dengan sebutan kompor induksi harus benar dan mengetahui bagaimana cara merawatnya. Hal ini penting agar tetap terjaga kondisinya dan lebih tahan lama. Kompor yang menerapkan teknologi canggih ini berbeda dengan kompor konvensional.

Karena ada perbedaan, maka cara menggunakannya juga berbeda tidak seperti menggunakan kompor pada umumnya. Kompor jenis ini memiliki lempengan logam yang fungsinya sebagai medan magnet untuk meletakkan peralatan memasak. Medan magnet tersebut akan langsung bereaksi mengantarkan panas apabila didekatkan dengan peralatan yang berbahan stainless stell atau besi.

Ada beberapa poin penting yang harus Anda ketahui jika menggunakan kompor ini, yaitu:

Baca juga: DAFTAR LENGKAP PERLENGKAPAN RUMAH TANGGA YANG WAJIB ADA

Cara Menggunakannya

  1. Gunakan peralatan masak yang bahannya tepat, yaitu yang terbuat besi dan stainless steel. Beeberapa jenis peralatan masak bisa bereaksi dengan kompor, namun ada juga yang tidak bisa. Jadi sebelum membeli sebaiknya uji terlebih dulu.
  2. Nyalakan sesuai petunjuk. Sekarang sudah banyak jenis kompor dengan desain yang beragam. Ada yang dinyalakan dengan menekan tombol, ada juga yang caranya diputar.
  3. Letakkan peralatan masak di cooktop atau lempengan kompor.
  4. Proses memasak menggunakan kompor ini bisa cepat oleh sebab itu Anda harus mengetahui ukuran waktu lamanya memasak dengan benar. dengan mengetahui hal tersebut dapat membuat Anda lebih siap mengangkat makanan dan mencegah gosong. Sebelumnya coba memasak dengan beragam macam cara, mulai dari menggoreng, menumis dan mengukus.

Cara Membersihkan

Permukaan kompor untuk memasak (cooktop) biasanya terbuat dari bahan kaca atau kerami. Permukaan tersebut harus dibersihkan dengan rutin agar terjaga kondisinya dan lebih awet dan mengkilat. Namun bersihkan dengan hati-hati menggunakan pembersih khusus. Adapun langkah-langkah membersihkannya adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan dengan mengoleskan beberapa tetes pembersih khusus keramik. Gunakan kain untuk mengolesnya dan usapkan berkali-kali sampai bersih.
  • Untuk yang berbahan kaca, gunakan pembersih pad khusus. Semprotkan pembersih ke seluruh permukaan. Gunakan tissue atau kain kering.
  • Untuk membersihkan noda dan kerak bisa gunakan pembersih keramik. Teteskan pada bagian yang terkena noda lalu gunakanlap untuk menghapusnya. Lakukan berulang-ulang sampai nodanya benar-benar hilang.
  • Jika nodanya menumpuk dan tebal, bisa gunakan alat untuk mengikis noda ata scraper. Cara ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak meninggalkan goresan di permukaan cooktop.
  • Saat membersihkan kompor listrik pastikan kondisi kompor dingin.

Itulah tips merawat kompor listrik atau inside mulai dari cara menggunakannya, merawat dan membersihkannya dengan cara yang benar. Jika Anda sudah memiliki peralatan dapur yang modern dan berkualitas harus dibarengi dengan merawatnya secara telaten. Kelebihan lainnya kompor ini adalah merupakan salah satu alternatif memasak lebih hemat energi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah informasi!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *