Cara Merawat Kendaraan Mesin Diesel Agar Tetap Bagus

Pada dasarnya mesin kendaraan dibagi atas 2 jenis, salah satu diantaranya yang mungkin sudah jarang digunakan adalah mesin diesel. Faktanya mesin yang satu ini memang memiliki fungsi yang sangat banyak sebagai salah satu sumber tenaga. Tak hanya berguna untuk kebutuhan menunjang aliran listrik darurat rumah tangga saja, melainkan juga diaplikasikan pada produk kendaraan. Itulah yang membuatnya banyak sekali dipakai oleh masyarakat.

Hanya saja kurun waktu beberapa tahun terakhir ini memang sudah sangat jarang diantaranya kendaraan yang memakai mesin tersebut. Karena kebanyakan diantara konsumen sendiri juga sudah mulai berpindah dari penggunaan mobil diesel dengan berbagai macam alasan. Salah satu diantaranya adalah untuk menghindari berbagai macam masalah yang memang sering kali terjadi dengan mesin tersebut. Mulai dari suaranya yang terlalu bising kemudian juga sering kali ati mendadak hingga konsumsi bahan bakarnya yang terbilang lebih boros.

Sebenarnya terkait dengan permasalahan-permasalahan tersebut hanya dialami oleh mereka pemilik kendaraan yang usianya sudah terbilang tua, sehingga kondisi mesin diesel juga tak sebagus dulu, adapun beberapa langkah perawatan yang wajib untuk diketahui untuk membuat performanya tetap bagus, diantaranya adalah:

  1. Lakukan pemanasan sebelum kendaraan digunakan, hal ini berguna untuk mencegah terjadinya kaget pada kendaraan tersebut, tak perlu terlalu lama, cukup 10 menit saja setiap harinya, hal ini sudah berfungsi secara bagus untuk membuatnya nyaman dikendarai, tarikan akan menjadi lebih ringan.
  2. Gunakan solar yang berkualitas, solar memang menjadi bahan bakar utama untuk kendaraan diesel ini, untuk itulah jangan asal membelinya, pilih bahan bakar yang kualitasnya baik, ditunjukkan dengan campuran yang tidak terlalu tinggi di dalamnya, hal ini juga akan mempengaruhi kualitas tarikan mobil.
  3. Perhatikan juga water sedimenter, khusus untuk tangki pada mobil diesel yang modern biasanya akan dilengkapi dengan bagian water sedimenter ini, bagian tersebut memiliki fungsi penting dalam penyaringan air, pastikan juga selalu memperhatikan kondisinya, jika sudah mulai penuh dengan air maka harus dibuang untuk memaksimalkan performa.
  4. Hendaknya ketika sudah sampai ke tempat tujuan maka jangan terburu-buru memastikan mesin kendaraan tersebut, tunggu paling tidak 3 menit untuk membuat mobil terhindar dari stress, karena pematian dilakukan secara mendadak.
  5. Pergantian pelumas juga harus dilakukan secara teratur, khususnya adalah oli, bagian penting yang akan melumasi mesin kendaraan sehingga bisa tetap terjaga dari resiko oksidasi ataupun yang lainnya, ganti secara teratur ketika waktunya sudah tiba.

Mudah bukan, sehingga tak perlu lagi menghindari pembelian mobil dengan mesin diesel tersebut, semuanya tergantung dari penggunaan sendiri apakah nantinya mesin akan berjalan secara baik atau tidak, apalagi jika sudah memasuki usia penggunaan yang lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *