Cara Menggunakan Mesin Amplas dengan Mudah dan Benar

Cara Menggunakan Mesin Amplas dengan Mudah dan Benar

Mesin amplas/power sander memiliki kegunaan untuk mengamplas pada permukaan baik itu berupa besi maupun kayu. Dengan menggunakan power sander, maka pekerjaan Anda pun juga akan lebih menghemat dan hal ini juga akan lebih menghemat tenaga dan waktu Anda dalam hal melakukan pengamplasan. Agar Anda dapat menggunakan mesin power sander ini dengan cara yang benar dan tepat maka Anda dapat mengikuti pada beberapa langkah yang ada di bawah berikut ini yang akan membantu diri Anda agar bisa mengoperasikannya dengan benar.

Cara Menggunakan Mesin Amplas dengan Mudah dan Benar

Dengan mengetahui pada tata cara pengoperasian menggunakan mesin power sander dengan cara yang benar dan tepat maka mesin yang Anda miliki pun juga akan bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama lagi dan tentunya dengan pengoperasiannya dengan cara yang benar pun juga akan terhindarkan dari kerusakan, sehingga bagi Anda yang belum mengetahui tata cara dalam melakukan pengoperasian dari mesin power sander, maka Anda dapat untuk mengikuti pada beberapa langkah yang ada di bawah berikut ini.

Inilah tata cara dalam menggunakan mesin amplas yang benar yaitu sebagai berikut ini:

  • Sebelum Anda memasang steker yang ada pada stop kontak, maka pastikan bahwa sakelar mesin berada pada posisi off.
  • Tarik atau tarik sakelar untuk bisa menyalakan mesin, sedangkan untuk tombol bundar memiliki fungsi untuk mengunci sakelar supaya bisa menyala tanpa harus menekan sakelar pengunci yang ada pada mesin.
  • Anda bisa mengatur kecepatan mesin dengan cara memutar-memutar sakelar.
  • Apabila debu dalam kantong sudah penuh, maka Anda dapat melepaskannya serta membuang isinya dengan membuka resleting yang ada pada kantong tersebut.
  • Setelah Anda menggunakannya maka jangan lupa mencabut steker dari stop kontak kemudian bersihkan mesin menggunakan kuas.

Sedangkan cara aman menggunakan mesin ini yaitu sebagai berikut ini:

Baca Juga : 3 Jenis Mesin Amplas yang Umum Dipakai dalam Industri Furniture  

  • Utamakan keselamatan Anda dengan menggunakan perlengkapan yang safety, misalnya seperti menggunakan kacamata dan masker.
  • Lalu kertas amplas yang khusus Anda pasangkan pada bagian mesin power sander dan pasang power lalu nyalakan.
  • Anda dapat memegang mesin dan mengatur tekanan yang ada pada permukaan yang nantinya akan dihaluskan.
  • Mulailah dengan ukuran amplas kasar hal ini untuk mempercepat pada proses kemudian secara perlahan dan bertahap menggantinya dengan amplas yang jauh lebih halus sehingga hal ini akan lebih halus dan hasilnya dapat dilakukan pengecatannya.

Untuk pemasangan mesin amplas memiliki perbedaan antara jenis yang satu dengan jenis yang lainnnya, untuk Anda yang belum mengetahui tata cara dalam melakukan pemasangannya, maka ada baiknya jika Anda mengetahui tata cara dalam pemasangannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memasangnya, karena selain melakukan perawatannya maka memperhatikan pada tata cara penggunaannya pun harus diperhatikan karena hal ini akan berpengaruh pada sistem kerja dari mesin itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *