Cara Menggunakan Gergaji Mesin dengan Aman

Cara Menggunakan Gergaji Mesin dengan Aman

Semua alat memiliki potensi untuk mencelakakan. Palu dapat melukai jempol dan kunci pas tergelincir dapat menyebabkan kuku-kuku jari terkelupas, tetapi gergaji mesin membawa potensi cedera ke tingkat yang baru dan lebih membahayakan. Kita berbicara tentang gigi-gerigi tajam pisau cukur yang bergerak dengan kecepatan yang sangatlah luar biasa. Seringkali hanya beberapa inci dari daging lunak yang bagus dari gergaji. Gergaji memuntahkan potongan-potongan kayu kecil dengan kecepatan tinggi. Cabang-cabang dapat berada di bawah tekanan yang luar biasa, dan dapat muncul ketika ditembak seperti senapan. 

Cara Menggunakan Gergaji Mesin dengan Aman

Pohon yang ditebang secara tidak tepat dapat menimbulkan hal yang membahayakan pada diri Anda sendiri. Ada keterampilan yang harus Anda miliki pada saat Anda mengoperasikan gergaji agar Anda dapat menjadi mahir dan keamanan tetap terjaga dengan sebaik mungkin. Operator yang berpengalaman tentunya juga berasal dari orang yang tidak bisa, sehingga melalui belajar itulah yang menjadikan dirinya menjadi pekerja profesional dalam mengendalikan mesin gergaji.

Ketika menggunakan gergaji mesin, setiap situasi berbeda, dan memahami setiap situasi unik ini dibangun ke tingkat keterampilan Anda, seperti mengambil kursus operator gergaji praktis. Berikut ini cara menggunakan gergaji dengan baik dan aman, yaitu:

  • Alat pelindung diri.

Mulailah dengan hal-hal mendasar seperti perlengkapan perlindungan pribadi atau APD Anda. Kapan pun Anda mengoperasikan gergaji, Anda harus menggunakan pelindung mata, pelindung telinga, sepatu bot yang baik, celana panjang, kemeja lengan panjang, sarung tangan, dan rantai gergaji. Terutama ketika menebang pohon, meletakkan pohon tegak di tanah maka topi keras adalah ide yang bagus.

  • Menciptakan lingkungan yang aman.

Sebelum memulai pemotongan, periksa keamanan lingkungan dari situasi tertentu. Khususnya dengan penebangan, melihat ke atas, melihat ke bawah, melihat sekeliling. Apakah ada rute pelarian untuk Anda ambil ketika pohon itu jatuh? Apakah ada jalan yang jelas untuk pohon itu jatuh? Jika itu berjalan dalam arah yang tidak diinginkan, apa akibatnya apakah mengganggu pada saluran listrik? Apakah pohon dilemahkan oleh serangga atau yang lainnya? Apakah angin bertiup dari arah yang Anda inginkan agar pohon itu jatuh?. kembali. Sebelum Anda menggunakannya, maka Anda harus mengetahui bagaimana sistem kerja dari gergaji dan tata cara dalam mengoperasikannya agar Anda tidak merasa gugup saat mengoperasikannya nanti.

Baca juga: Jenis-Jenis Mesin Gergaji dan Karakteristiknya, Jangan Sampai Salah Beli

Sebagai pekerja yang menggunakan gergaji mesin, maka tidak hanya memikirkan bagaimana Anda menyelesaikan pekerjaan Anda itu, akan tetapi memikirkan keamanan juga menjadi faktor penting yang tidak boleh untuk Anda abaikan jika Anda tidak ingin hal-hal membahayakan merugikan diri Anda. Dengan ulasan di atas, maka Anda dapat lebih berhati-hati dalam bekerja agar tidak melalaikan hal penting yang seharusnya Anda pikirkan dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *