Cara Memilih Mesin Las Listrik yang Berkualitas Terbaik

Sistem pengelasan merupakan sebuah sistem yang tentunya dibutuhkan dalam sebuah kegiatan industri, baik dalam skala rumah tangga ataupun skala besar. Sistem yang biasanya digunakan untuk menghubungkan dua media yang berbahan dasar logam ini, memang banyak digunakan dalam pembuatan berbagai mesin industri ataupun perabotan lainnya. Untuk dapat melakukan proses pengelasan ini, tentunya dibutuhkan sebuah alat khusus yang disebut dengan mesin las. Mesin ini sendiri biasanya akan diklasifikasikan dalam beberapa tipe, dimana salah satu tipe dari mesin las ini adalah mesin las yang dioperasikan dengan menggunakan tenaga listrik, dan pada umumnya banyak digunakan dalam sebuah bengkel kerja skala besar ataupun kecil. Namun mesin las listrik ini sendiri juga akan digunakan berdasarkan daya ataupun ampere pemanasan yang dihasilkan.

Pada umumnya pembelian las listrik ini, akan dititik beratkan pada kebutuhan pengelasan orang terkait. Jika Anda hanya membutuhkan mesin las untuk melakukan penyambungan plat-plat besi tipis, maka mesin las dengan amper yang tidak terlalu besar, sangatlah cukup untuk Anda gunakan. Hal tersebut akan berbeda jika pekerjaan yang Anda miliki terkait dengan penyambungan berbagai logam dengan ukuran yang besar, maka mesin las dengan ukuran amper besar, akan Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Baca juga: Ulasan Seputar Kelebihan dan Kekurangan dari Mesin Gerinda

Selain hal tersebut diatas, hal lain pun haruslah Anda perhatikan terkait dengan pemilihan mesin las listrik yang akan Anda butuhkan, adapun hal tersebut antara lain adalah:

  • Sesuaikan sumber daya listrik pada tempat Anda akan menggunakan mesin las tersebut dengan daya yang diperlukan oleh mesin las itu sendiri. Jika sumber listrik tidak memenuhi, maka mesin tidak akan dapat berfungsi dengan optimal.
  • Pilih mesin las yang memiliki presentasi duty cycle tinggi, dan bila dimungkinkan pilihlah yang memiliki presentase mendekati angka 100% karena mesin las inilah yang memiliki kualitas yang tinggi.

Selain hal tersebut diatas, hal paling penting yang harus Anda pertimbangkan dalam pemilihan dan pembelian produk mesin las ini adalah after sales service. Hal ini penting mengingat nantinya akan Anda temukan kendala ketika menggunakan mesin tersebut. Dengan memilih mesin las dan toko yang menyediakan berbagai spare part serta layanan after sales yang baik, maka Anda akan dapat dengan mudah melakukan perbaikan ataupun perawatan terhadap mesin las tersebut, pada toko tempat Anda membeli.

Selain ketersediaan spare part, biasanya after sales service yang diberikan oleh toko penjualan mesin las listrik ini juga berupa garansi resmi dan garansi dari toko itu sendiri. Toko dengan sistem after sales service yang baik, biasanya hanya akan menjual berbagai produk dengan kualitas yang tinggi didalamnya, sehingga akan lebih membuat para pelanggan mereka percaya dan akan melakukan pembelanjaan kembali didalamnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *