Cara Memilih Mesin Bor Listrik untuk Berbagai Kebutuhan

Cara Memilih Mesin Bor Listrik untuk Berbagai Kebutuhan

Saat ini, mesin bor listrik sudah bukan lagi dianggap sebagai peralatan bagi para tukang saja. Pada tipe tertentu, alat ini bahkan menjadi perkakas rumah yang wajib ada di tiap rumah. Fungsi yang semakin lengkap seperti halnya untuk pemasangan pigura untuk lukisan maupun foto dan berbagai aksesoris dekorasi di rumah menjadikan mesin ini banyak dibeli oleh konsumen yang bisa dibilang bukan berprofesi sebagai seorang tukang. Dengan varian yang beragam dengan harga yang menyesuaikan, ada banyak sekali pilihan mesin bor yang bisa ditemukan di pasaran.

Cara Memilih Mesin Bor Listrik untuk Berbagai Kebutuhan

Mempertimbangkan Mesin Bor Berdasar Kebutuhan

Ada banyak merek mesin bor listrik yang terkenal di pasaran diantaranya; Makita, Bosch ataupun Black & Decker yang ditawarkan bagi para profesional hingga pemula sekalipun. Dengan banyaknya tipe dan merek ini, tak jarang orang yang masih awam kebingungan ketika akan membeli bor. Entah itu untuk kebutuhan rumah tangga, mengerjakan kerajinan atau untuk keperluan industri, masing-masing memerlukan tipe bor khusus agar mendapatkan hasil maksimal. Menghindari kebingungan, berikut tips memilih bor sesuai kebutuhan.

Pertimbangkan Kekuatan

Bor yang baik memiliki kekuatan konstan dan stabil dari awal sampai akhir penggunaan. Berdasar dayanya, bor modern terdiri dari bor portabel (baterai) dan bor berkabel. Makin besar watt ataupun volt yang dicantumkan pada spesifikasi, maka makin kuat pula alat tersebut. Untuk bor portabel, kekuatan juga ditentukan oleh daya yang tersisa pada baterai.

Usia baterai

Berbeda dari bor listrik yang tidak menggunakan baterai, bor portabel memiliki baterai yang memiliki besaran dengan skala milliampere hour (mAh) pada tabel spesifikasinya. Makin besar nilai mAh, maka makin lama pula baterai tersebut menghidupi mesin bor. Perlu diingat pula bahwa baterai ini akan mengalami peurunan kualitas selama masa kerjanya. Perhatikan pula jenis material baterai dimana bahan lithium-ion dianggap lebih baik dibanding bahan nickel-cadmium.

Faktor Penggunaan

Bor yang bagus seharusnya mudah dipakai pada berbagai kondisi pekerjaan. Bentuk dari bor sendiri sebenarnya juga tak banyak berbeda dimana yang membedakan hanyalah letak tombol saja. Ada pula fitur lain yang juga akan membantu seperti halnya lampu. Dengan adanya lampu yang menerangi arah mata bor, maka proses pengerjaan akan menjadi lebih mudah dalam kondisi kurang cahaya atau bahkan gelap sekalipun. Selain itu ada pula kelengkapan mata bor yang juga patut untuk dipertimbangkan.

Baca juga: Mesin Bor Punya Banyak Jenis Dan Harga Bervariasi

Ada beberapa mesin bor yang dijual mesinnya saja atau dilengkapi dengan set mata bor yang memiliki fungsi tertentu. Memilih mata bor yang lengkap tentunya menjadi investasi yang baik untuk kemungkinan pekerjaan di masa mendatang bukan? Entah bor tersebut digunakan untuk melubangi sesuatu, sebagai obeng mekanis atau bahkan untuk menghaluskan bahan kayu dengan mata sanding drum.

Ragam mesin bor yang semakin banyak tersebut tentunya akan semakin memudahkan berbagai macam pekerjaan. Sebagai peralatan wajib dalam gudang, alat ini juga menjadi peralatan wajib pada berbagai industri yang juga memerlukan fungsionalitas suatu bor. Inilah mengapa banyak produsen bersaing menghadirkan perangkat bor dalam berbagai varian di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *