Cara Melilit Dinamo yang Mudah dan Bisa Anda Praktikkan Sendiri

Cara Melilit Dinamo yang Mudah dan Bisa Anda Praktikkan Sendiri

Pada beberapa kendaraan atau peralatan ada yang menggunakan dinamo sebagai sumber penggeraknya. Seperti yang telah diketahui bahwa dinamo merupakan pembangkit listrik atau magnet yang memutar di dalam kumparan. Di dalam dinamo terdapat bagian yang berputar disebut dengan rotor. Terkadang pada dinamo dilakukan pelilitan sehingga menghasilkan gulungan-gulungan dengan berbagai bentuk. Tujuan dari pembuatan lilitan tersebut disesuaikan dengan ukuran kawat yang digunakan. Sebab ukuran kawat tersebut berpengaruh pada arus listrik yang akan megalir di lilitan dinamo. Semakin besar kawat yang digunakan maka akan semakin besar pula kemampuan kawat tersebut untuk mengalirkan listrik namun anda perlu mengetahui cara melilit dinamo tersebut secara tepat.

Cara Melilit Dinamo yang Mudah dan Bisa Anda Praktikkan Sendiri

Untuk anda yang sudah berpengalaman melilit dinamo mungkin sudah tidak perlu belajar lagi cara melilit dinamo yang tepat dan benar. Namun bagi anda yang masih belajar dan belum mahir melilitkan dinamo maka sebaiknya silakan belajar terlebih dahulu. Untuk memulai belajar melilit dinamo ini  anda bisa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan diantaranya angkur atau angker yaitu dalaman dinamo yang akan menjadi tempat kawat dililitkan. Persiapkan pula cutter atau pisau, senar lilitan dengan ukuran sesuai kebutuhan namun disarankan ukuran 0,4-0,5 agar lebih mudah dan persiapkan lap dari bahan kaos.

Cara melilit dinamo bisa anda mulai dengan kerik bagian ujung senar menggunakan pisau atau cutter hingga bagian emailnya mengelupas. Kemudian kerik juga senar yang akan anda tempelkan pada konektor. Jepit atau kaitkan senar pada kaki anda kemudian pegang angkur menggunakan jari tangan anda. Lalu masukkanlah serta kaitkan senar tersebut pada konektor degan begitu anda bisa mulai melilit dinamo. Banyaknya gulungan pada angkur bisa disesuaikan dengan luas penampang angkur serta besarnya ukuran senar tersebut.

Dalam mempraktikkan cara melilit dinamo tersebut ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan supaya hasil lilitan tersebut rapi. Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang perlu anda perhatikan tersebut.

  1. Cara melilitkan dinamo seperti yang sudah dijelaskan di atas memang mengambil arah dari bawah atau konektor.
  2. Bila penampang atas dan bawang angkur jumlah gulungannya sama maka untuk gulungan tingkat duanya bisa anda gulung ke gulungan tingkat 1. Kemudian gulung ke bawah dan mulailah untuk melanjutkan gulungan tingkat 3.
  3. Jika gulungan pada penampang atas jumlahnya lebih banyak dibandingkan penampang bawah maka di tingkat kedua gulungan tidak sampai mentok lalu kurangi satu gulung dan ke bawah lalu mulailah tingkat yang ketiga.
  4. Gulunglah secara kencang serta upayakan menggulung dengan tekanana yang sama.

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini Supaya Cara Melilit Dinamo Tidak Lagi Salah

Demikianlah penjelasan mengenai cara melilit dinamo yang mudah dan bisa anda praktikkan sendiri. Bagi anda yang ingin belajar melilit dinamo maka silakan ikuti cara-cara di atas yang pastinya mudah dan bisa menghasilkan kinerja dinamo yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *