Cara Melakukan Perawatan Pada Spare Parts AC Supaya Tetap Dingin dan Segar

Kendaraan mobil akan terasa nyaman ketika dipakai, jika penyejuk udara (AC) bekerja. Sudah menjadi kebutuhan tersendiri ketika didalam mobil Anda selalu membutuhkan penyejuk udara. Apalagi cuaca yang panas, jika tidak ada AC didalam mobil maka akan terasa seperti terbakar. Seperti dikota besar misal Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya serta lainnya yang memiliki udara panas, jika AC mati maka Anda pasti malas untuk menaiki mobil tersebut. Biasanya gangguan pada spare parts AC ini dikarenakan kurangnya perawatan.

Jika Anda membuka jendela mobil maka faktor keamanan akan kurang karena penjahat akan lebih leluasa dan juga asap serta debu dari kendaraan lainnya akan masuk kedalam mobil dan jika ditutup makan ruangan mobil semakin panas dan juga pengap. Berikut ini tips yang dapat membantu melakukan perawatan AC Anda sendiri sebelum kondisi AC semakin rusak berat.

Menjaga kebersihan kabin dari debu dan juga kotoran. Terutama pada karpet 2 lembar yang berada didepan karena kotoran tersedot dan masuk kedalam evaporator sehingga akan jamur dan spora itu sangat tidak baik untuk kesehatan. Dapat menimbulkan bau tidak enak ketika AC pertama kali dihidupkan. Ketika Anda sedang mencuci mobil, bukalah kap mesin dan menyemprotkan air secara kencang pada bagian Condensor AC. Kotoran dan debu yang menempel jika dibiarkan terus akan mengeras dan juga bisa mengakibatkan keropos sehingga bagian kondensor menjadi bocor.

Saat Anda berkunjung pada suatu tempat, lebih baik memilih tempat parkir yang teduh jika Anda akan meninggalkannya dalam waktu yang lama. Karena jika parkir ditempat yang panas maka ruangan mobil juga akan menjadi panas pula dan untuk pendinginan akan butuh waktu yang cukup lama dan juga akan menambah beban pendinginan saat mobil berjalan. Periksalah bagian spare parts ExtraFan (kipas) yang ada didepan Condensor apakah hidup ketika AC dihidupkan. Jika tak segera diganti, akan membuat Compressor rusak atau selang high press meledak. Ketika didalam mobil lebih baik untuk tidak merokok karena asap rokok bisa mengotori bagian Jangan Evaporator nikotinnya yang lengket dan akan berlendir serta membuat bau yang tak sedap dan susah hilang.

Ketika berkendara dengan laju yang kencang lebih baik menurunkan temperatur pada AC dan tidak memaksimalkan. Sebelum Anda menghidupkan mesin mobil lebih baik mematikan AC terlebih dahulu. Dan ketika mematikan mesin mobil, AC juga harus dimatikan terlebih dahulu. Saat Anda memilih wewangian untuk mobil, pilihlah yang sudah jelas mutu dan kualitasnya. Jangan memakai model colok ke grill karena bagian Grill susah didapatkan jika rusak. Jika sudah ada gejala AC kurang dingin segeralah bawa ke bengkel. Lakukanlah perawatan rutin pada spare parts AC. Jika perlu dalam jangka waktu satu tahun sekali untuk diganti. Melakukan perawatan secara rutin akan memperpanjang fungsi Componen AC menjadi lebih tahan lama, dan juga membuat udara semakin segar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *