Boros Saat Ganti Spare Parts? 4 Tips Ini Membantu Anda Berhemat!

Pemilik kendaraan tentu tahu betul pentingnya memberi perawatan secara rutin, entah ganti oli maupun ganti spare parts di beberapa bagian. Nah, khusus untuk penggantian komponen di mesin kendaraan tentu wajib memilih yang terbaik dengan maksud membuatnya awet dan presisi. Umumnya orang memilih onderdil asli sebab lebih terjamin cocok dan kualitasnya pun tidak diragukan lagi. Selain berkualitas rupanya onderdil original ini juga dibandrol dengan harga lebih mahal akan tetapi sejalan dengan daya tahannya yang memang lebih baik.

Tips Hemat Ganti Onderdil Kendaraan

Onderdil berkualitas tentunya sangat mahal, budget yang dikeluarkan akan membengkak tatkala dalam sekali service butuh penggantian beberapa komponen. Paling apes kalau harga masing-masing komponen yang diganti terbilang lumayan, maka simak tips hemat berikut supaya tidak tekor saat ganti onderdil mesin:

Baca juga: Tips Ringan Merawat Mesin Fotocopy

  • Bandingkan harga dulu di beberapa penjual resmi,

Sebelum melakukan penggantian onderdil mesin pada kendaraan yang dipakai sehari-hari ada baiknya mengecek harga di beberapa penjual resmi. Entah di bengkel resmi maupun di toko khusus onderdil kendaraan, sebab bisa jadi ada yang menjual dengan harga lebih murah namun sama-sama asli.

  • Percayakan service ke mekanik yang tepat,

Pemilik kendaraan sering berujar kalau merasa tekor melakukan service dan ganti spare parts ke bengkel resmi. Soal harga onderdil asli yang lebih mahal tentu dimaklumi semua orang, sayangnya biaya service yang dibebankan bengkel resmi umumnya ikut-ikutan mahal. Malahan banyak yang mengaku sering disuruh ganti onderdil oleh mekanik yang menangani padahal kondisinya masih lumayan. Bagaimana menghindarinya? Supaya tidak boros pilih bengkel profesional dan tentukan mekanik terpercaya, supaya ongkos yang dikeluarkan irit.

  • Lakukan penggantian dan pengecekan onderdil secara berkala,

Malas datang ke bengkel resmi ataupun non resmi membuat kendaraan yang dipakai perlahan terasa tidak enak diajak jalan-jalan. Sebab bisa jadi ada banyak komponen yang mengalami kerusakan namun masih bersikap masa bodoh. Padahal kalau rusak sudah parah maka biaya yang dikeluarkan sekaligus menjadi sangat tinggi, baiknya ganti onderdil secara berkala. Setiap tiga bulan sekali kunjungi bengkel langganan untuk segera mengganti komponen mana saja yang sudah dan menunjukan gejala aus, sehingga biaya yang dikeluarkan bisa diatur.

  • Selalu gunakan onderdil original pabrik,

Kalau disuruh berhemat kadang orang berpikir memilih membeli yang murah, prinsip ini baiknya tidak diberlakukan untuk pemilihan onderdil kendaraan. Sebab semakin murah maka murahan pula kualitas onderdil tersebut dan bisa jadi mudah rusak sehingga dalam waktu dekat perlu keluar uang lagi. Solusi berhemat tentu saja selalu memakai onderdil asli pabrik yang bisa dibeli di semua jaringan bengkel resmi sesuai merek kendaraan yang dimiliki. Pemilihan spare parts original membuatnya awet dan presisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *