Berikut 4 Cara Merawat Mesin Cetak Offset Agar Awet

Berikut 4 Cara Merawat Mesin Cetak Offset Agar Awet

Kalau Anda membuka jasa percetakan offset maka dijamin akan menyediakan beberapa jenis mesin cetak offset yang mendukung. Mesin untuk mencetak dokumen baik outdoor maupun indoor tentu menjadi investasi vital dalam membangun bisnis tersebut. Baiknya memang mempergunakan mesin dengan kualitas terbaik terutama yang berasal dari merek terkemuka agar tahan lama dan mendukung produktifitas maksimal. Kebanyakan percetakan offset mempergunakan mesin buatan India, China, dan juga Jerman yang kabarnya memiliki mutu di atas rata-rata.

Bagaimana Merawat Mesin Tersebut?

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa selain mahal, mesin untuk mencetak dokumen offset ini juga memerlukan perlakuan khusus agar awet. Adapun bentuk perawatannya antara lain:

  • Wajib dioperasikan operator handal,

Fitur yang tersedia di mesin satu ini memang lumayan kompleks, sehingga akan menjadi kesalahan fatal apabila dioperasikan oleh sembarang orang. Perusahaan baiknya memilih satu atau dua karyawan untuk diajari secara fokus mengenai pengoperasian mesin tersebut agar tidak mudah rusak. Apalagi untuk menjadikannya awet memang wajib menggunakan tenaga yang sudah terlatih, selain untuk menjaga keawetan mesin juga menyempurnakan hasil pekerjaannya.

  • Berikan perawatan rutin dengan jasa service terpercaya,

Secara umum perawatan mesin cetak offset ini memang baiknya dilakukan oleh tenaga ahli, yakni dari layanan service center. Kalaupun memilih jasa service non resmi baiknya yang terpercaya dan memang paham seluk-beluk dari mesin offset tersebut. Jangan sampai malah mengalami kerusakan yang semakin parah apalagi mesin jenis ini ketika semakin lama umurnya otomatis semakin mudah mengalami kerusakan. Baiknya segala error meski sekecil apapun segera dilaporkan untuk memanggil jasa service profesional tersebut.

  • Selalu memperhatikan kebersihan mesin,

Untuk meminimalisir resiko kerusakan serta mencegah eror pada saat digunakan mencetak file dari komputer. Maka sangat penting untuk memperhatikan kebersihan mesin tersebut sebab noda sedikit saja akan mempengaruhi kesehatan mesinnya. Bisa jadi hasil cetakannya kurang maksimal dan muncul eror serta komplain dimana-mana, baiknya mintalah karyawan Anda untuk rajin membersihkan mesin tersebut. Kebersihan yang terjaga mampu melindungi mesin dari kerusakan skala berapapun sehingga tidak terlalu sering memanggil jasa service dan berdampak pada keuangan usaha yang semakin sehat.

  • Memperhatikan sambungan listriknya,

Menjadikan mesin offset mampu beroperasi dengan baik untuk kurun waktu yang lama maka penting untuk memperhatikan sumber listriknya. Pastikan arus listriknya stabil dan memanfaatkan satu colokan atau stop kontak untuk satu mesin offset saja. Sebab ketika arus listriknya kurang mendukung dijamin mesin akan mudah soak, padahal ketika rusak biaya perbaikannya mahal. sekalinya sudah susah diperbaiki maka akan butuh waktu lumayan agar bisa membeli gantinya maka penting merawatnya dengan seksama. Mintalah seluruh karyawan untuk ikut memperhatikan mesin cetak tersebut karena berpengaruh pada masa depan semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *