Berikut 3 Jenis Mesin Las Listrik yang Perlu Diketahui Agar Tak Salah Pilih

Berikut 3 Jenis Mesin Las Listrik yang Perlu Diketahui Agar Tak Salah Pilih

Akrab dengan material logam seperti besi ataupun baja dan sejenisnya tentu membuat Anda akrab pula dengan mesin las listrik. Mesin satu ini sering pula disebut mesin las busur listrik yang secara umum digunakan untuk menggabungkan dua buah logam menjadi satu. Pada mesin las elektrik ini nantinya akan dijumpai proses pemanasan seutas logam kecil yang nantinya melebur ke dalam celah antara dua logam yang akan disatukan. Pengerjaan memakai mesin ini semakin efisien dari segi waktu, tenaga, dan juga biaya.

Berikut 3 Jenis Mesin Las Listrik yang Perlu Diketahui Agar Tak Salah Pilih

Mengenal Jenis-jenis Mesin Las Elektrik

Mesin las dengan energi listrik ini kerap kali dipergunakan untuk industri sehingga efisiensi dalam proses produksi. Bagi Anda yang berencana membelinya untuk tempat usaha maka kenali dulu jenisnya apa saja supaya bisa memilih yang sesuai kebutuhan. Adapun jenis-jenisnya adalah:

  • Mesin dengan arus bolak-balik atau AC,

Sesuai dengan namanya mesin las elektrik ini menggunakan arus bolak-balik untuk bisa berfungsi dengan baik. Sumber arus listriknya tidak selalu dari listrik PLN bisa pula dari generator namun perlu ditambahkan dengan trafo agar arusnya stabil. Penggunaannya bisa membantu menghemat biaya perawatan sayangnya hanya bisa dipakai mengelas logam jenis tertentu saja.

  • Mesin dengan arus searah atau DC,

Bagi Anda yang sering berurusan dengan plat logam yang tipis maka kurang cocok memakai mesin las listrik bolak-balik, melainkan memakai arus searah. Mesin las arus searah atau DC ini efektif mengelas material logam yang tipis meskipun butuh sumber listrik searah. Yakni yang berasal dari generator maupun motor diesel dan kalau dipaksa ke listrik PLN Anda butuh alat tambahan sebagai penyearah arus. Pemakaiannya memang butuh biaya perawatan lebih namun tidak bising sehingga benar-benar nyaman menggunakannya.

  • Mesin las ganda atau AC-DC,

Untuk pekerjaan las logam yang lebih kompleks akan lebih cocok jika menggunakan mesin las jenis ganda. Sehingga pada mesin satu ini nantinya bisa digunakan pada sumber listrik searah maupun yang bolak-balik. Bisa diubah sesuai dengan sumber listrik yang digunakan sehingga cenderung praktis bagi usaha Anda yang memakai sumber listrik dari beberapa tempat sekaligus. Dilihat dari segi manapun mesin las jenis ini memang paling unggul apalagi efektif mengelas logam jenis apapun dengan mudah.

Baca Juga Cara Memilih Mesin Las Listrik yang Berkualitas Terbaik

Kebutuhan Anda di tempat usaha tentu perlu disesuaikan dengan perlengkapan yang musti disediakan agar usaha berjalan dengan baik. Tentukan pilihan mesin las yang ada dengan menyesuaikan kebutuhan usaha Anda sendiri, jangan melirik usaha sebelah yang cocok memakai jenis A. Padahal bisa jadi usaha Anda lebih cocok ke mesin las jenis B sebab setiap usaha punya kliennya sendiri. Jenis logam yang berbeda dan kapasitas produksi yang tak sama menjadi pembeda jenis mesin las listrik yang ideal digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *