Berbagai Jenis Mesin Bor Inilah yang Paling Sering Digunakan Oleh Masyarakat Indonesia

Berbagai Jenis Mesin Bor Inilah yang Paling Sering Digunakan Oleh Masyarakat Indonesia

Sekarang ini, sudah tersedia begitu banyak jenis alat yang bisa Anda gunakan untuk keperluan rumah tangga atau pun pekerjaan, yang dimana sudah menggunakan teknologi yang canggih serta pemakaiannya pun terbilang sangat mudah. Salah satu peralatan perkakas atau alat rumah tangga serta industri adalah mesin bor. Alat perkakas ini dapat digunakan dalam rumah tangga untuk membuat lubang pada bagian dinding atau pun lantai yang nantinya pasti akan berguna untuk kebutuhan yang ada di dalamnya. Selain itu, alat ini juga kerap digunakan dalam dunia pekerjaan, khususnya pada bidang industri. Jenis industri yang paling sering menggunakan jenis alat ini adalah permebelan. Tidak heran, karena alat yang satu ini bisa Anda gunakan untuk melubangi kayu dengan sangat apik dan rapi. Namun, tidak hanya terdiri dari 1 jenis saja, ada beberapa jenis mesin yang digunakan sesuai dengan kegunaannya yang berbeda, yakni:

Berbagai Jenis Mesin Bor Inilah yang Paling Sering Digunakan Oleh Masyarakat Indonesia

  • Bor Meja

Jenis mesin pembuat lubang pertama yang biasanya digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah bor meja. Sesuai dengan namanya, jenis yang satu ini biasanya digunakan ketika diletakkan di atas meja yang dimana dapat membuat lubang dengan diameter yang begitu kecil dan juga halus. Mesin yang menggunakan daya listrik ini dapat bergerak naik dan juga turun karena menggunakan roda gigi jenis lurus dan juga menggunakan gigi rack yang berfungsi untuk mengatur tekanan ketika pengeboran.

  • Bor Lantai

Jenis mesin bor lainnya yang juga paling sering digunakan adalah bor lantai, yang dimana sesuai dengan namanya, jenis yang satu ini biasanya dipasang pada lantai. Jenis ini menggunakan penyangga atau batang pendukung agar mejanya dapat tetap stabil. Selain itu, jenis yang satu ini memang sengaja dibuat untuk digunakan melubangi atau mengebor segala benda kerja yang terbilang berat serta besar. Oleh karena itu jenis yang satu ini memang lebih banyak ditemukan di perindustrian meubel.

  • Bor Radial

Selanjutnya, yang juga kerap digunakan setiap harinya di Indonesia adalah jenis Radial, yang dimana mesin yang satu ini memang dirancang dan dibuat secara khusus untuk mengebor atau melubangi benda-benda kerja yang memiliki ukuran yang cukup besar serta yang berbobot berat. Biasanya mesin ini akan dipasangkan secara langsung di lantai dan memiliki meja mesin yang sudah terpasang dengan permanen dengan menggunakan alas mesin.

Baca juga Tips Tepat Memilih Mesin Bor Agar Mendapatkan yang Bagus

  • Bor Koordinat

Jenis terakhir dari mesin bor yang digunakan di Indonesia adalah jenis koordinat yang memiliki sistem pengaturan pada posisi pengeboran yang berbeda dari jenis lainnya. Jenis ini memiliki fungsi untuk membuat atau pun memperbesar lubang yang pastinya akan terlihat lebih rapi serta halus karena menggunakan teknologi yang cukup tinggi. Menggunakan meja kombinasi yang bisa digunakan untuk mengatur arah memanjang dan melintang dengan sistem optiknya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *