Beragam Jenis Dan Harga Kulkas Yang Perlu Anda Ketahui

Kulkas atau dikenal juga dengan sebutan lemari es adalah bagian penting peralatan dapur. Perangkat ini bisa menjaga kesegaran dan kualitas makanan dan minuman lebih awet dan segar. Ada banyak jenis dan harga kulkas yang ada dipasaran.

Mahal tidaknya harga kulkas tergantung merk, fitur dan spesifikasi yang ditawarkan. Berikut ini beberapa jenis lemari esa yang bisa Anda jadikan referensi jika akan memilih/ membeli kulkas baru sesuai dengan kebutuhan.

Kulkas Top Freezer

Kulkas ini merupakan jenis kulkas yang banyak dipilih oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. Alasannya karena harganya lebih murah dibandingkan dengan kulkas jenis lain.

Seperti namanya, kulkas ini menyediakan ruang khusus pembeku yang terletak di bagian atas dan unit pendingin di bawahnya. Kekurangan kulkas ini adalah sebagian pengguna harus membungkkan badan untuk mengambil makanan atau minuman yang diletakkan di bagian bawah.

Kulkas Bottom Freezer

Kulkas jenis ini cocok dijadikan pilihan bagi Anda yang memiliki dapur tradisional. Sama seperti kulkas top freezer, banyak masyarakat yang memilih kulkas bottom freezer. Harganya tidak jauh berbeda dengan kulkas top freezer.

Di Indonesia kulas bootom freezer dan top freezer diberi sebutan kulkas 2 pintu. Kulkas bottom freezer memiliki kelebihan, seperti: bentuk pintunya ada dua, bentuk pintunya seperti laci dan mudah ditarik, lebih gampang mengambil makanan yang disimpan di bagian bawah, desainnya sederhana.

Kulkas Side By Side

Kulkas ini saat ini semakin banyak disukai oleh masyarakat. Modelnya side by side memiliki banyak kelebihan, seperti: lebih mudah memasukkan bahan ke unit pembeku dan unit pendingin.

Model kulkas ini ada yang pintunya terletak dibagian tengah sehingga kapasitas untuk ruang pembeku dan pendingin sama. Namun ada juga yang modelnya lebih banyak memberikan ruang untuk unit pendingin, alasannya karena lebih banyak makanan segar yang disimpan di dalam kulkas dibandingkan dengan makanan beku.

Kelebihan lainnya kulkas ini adalah bukaan pintu yang simple, tidak menyita banyak ruang sehingga cocok untuk dapur minimalis.

Kulkas Mini

Jika Anda tinggal di alpartemen kecil, bisa pilih kulkas mini. Kulkas mini bisa dibilang kulkas portable bentuknya kecil dan lebih menghemat ruang. Biasanya kulkas ini sudah dilengkapi dengan freezer namun tergantung merk dan modelnya.

Kulkas French Door

Kulkas yang satu ini di desain mewah dengan banyak fitur. Bisa dikatakan kulkas ini diambil dari kenyamanan model kulkas botton freezer dan fleksibilitasnya dari kulkas model side by side.

Kulkas ini cocok disimpan di dapur yang luas dan membutuhkan kapasitas yang banyak karena dilengkapi beberapa laci freezer. Harga kulkas ini lebih mahal dari kedua kulkas yang sebelumnya sudah kita bahas, sehingga hanya digunakan oleh beberapa kalangan masyarakat tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *