Begini 4 Cara Terbaik Merawat Mesin Jahit Agar Lebih Awet

Begini 4 Cara Terbaik Merawat Mesin Jahit Agar Lebih Awet

Memiliki mesin jahit sendiri tentu lebih menguntungkan karena bisa memperbaiki baju keluarga yang rusak tanpa harus ke tukang jahit. Saat ini ongkos jahitan bahkan untuk permak sudah lumayan padahal kalau bisa dikerjakan sendiri tentu lebih hemat. Anda yang memang memiliki keahlian memakai mesin untuk kegiatan menjahit ini tak ada salahnya menyediakannya di rumah. Apalagi saat ini sudah banyak mesin portable dan minimalis yang ringkas dan praktis bisa dijadikan pilihan. Nantinya bisa dipakai sendiri atau dipakai membuka jasa permak. 

Begini 4 Cara Terbaik Merawat Mesin Jahit Agar Lebih Awet

Sebagai mesin yang tersusun atas beberapa komponen tentunya ada kalanya mengalami error dan perlu dirawat dengan seksama. Agar mesin untuk menjahit ini awet maka bisa diberi perawatan berikut ini: 

  • Rajin membersihkan mesin,

Mesin untuk menjahit akan mudah error jika dibiarkan dalam kondisi kotor baik di permukaan luar maupun di bagian dalam. Biasanya usai dipakai menjahit akan ada banyak serpihan kain yang menggumpal di sela-sela mesin dan ini wajib dibersihkan. Jika tidak jahitan mesin mudah error, kemudian macet, dan sama sekali tidak bisa dipakai. Oleh sebab itu perlu dibersihkan rutin yakni setiap kali selesai dipakai.

  • Diberi minyak pelumas,

Semua jenis mesin jahit sepertinya membutuhkan cairan pelumas atau oli namun bukan oli untuk motor atau mobil. Melainkan oli khusus yang bisa dibeli di toko alat-alat menjahit sehingga bisa menjaga keawetan komponen mesin tersebut. Cairan ini di beberapa mesin jenis tertentu perlu dituang dalam jumlah banyak untuk menghindari kerusakan akibat komponen yang aus ataupun berkarat. Jadi silahkan diberi cairan pelumas dan rutin dicek untuk diisi ulang setelah habis.

Baca juga: 4 Rekomendasi Merk Mesin Jahit Portable Dengan Kualitas Bagus

  • Rutin dibawa ke tukang service,

Mesin untuk proses menjahit ternyata seperti kendaraan sebab perlu disservice secara rutin untuk dibersihkan dan diganti komponennya yang telah aus. Membersihkan mesin jenis ini kadang bisa dilakukan sendiri namun untuk jenis tertentu baiknya diserahkan pada ahlinya. Usahakan rutin mengunjungi tukang service mesin satu ini, biasanya menyediakan jasa panggilan sebab tidak memungkinkan memboyong mesin ini kemana-mana. Service rutin memastikan mesin di bagian dalam terawat dan terlindungi sehingga tidak mudah error dan tahan banting.

  • Teratur mengganti suku cadang,

Mesin untuk keperluan menjahit ini juga terdiri atas beberapa komponen yang tentu ada masa pakainya. Jika sudah lewat baiknya segera diganti agar performa mesin terjaga dan aktifitas menjahit yang dilakukan selalu lancar. Cobalah untuk mengganti suku cadang secara berkala dan utamakan suku cadang original agar lebih awet dan tahan banting. Penggantian ini biasanya dilakukan saat service, namun jika sudah ada yang terlihat rusak duluan maka buru-buru diganti saja. apabila tidak bisa diganti sendiri silahkan membawa mesin jahit ke service profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *