Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum  Memilih Pompa Air

Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum  Memilih Pompa Air

Pompa air merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga yang akan membantu kegiatan memompa air dari sumur. Anda tidak perlu lagi kerepotan untuk menimba. Hanya dengan menyalakan pompa. Air akan keluar dengan sendirinya. Untuk itu sebelum membeli pompa, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal ini.

Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum  Memilih Pompa Air

Kedalaman Permukaan Air

Sebaiknya Anda mencari tahu informasi mengenai kedalaman permukaan air dan bukan kedalaman sumur. Untuk memastikan kedalaman permukaan air Anda dapat memanfaatkan beberapa alat seperti pipa pompa air dan alat ukur lain. Tinggi permukaan air merupakan jarak permukaan air paling tinggi dengan pompa. Dalam mengukur sebaiknya Anda memperhatikan musim. Permukaan air akan susut di musim kemarau dan akan meluap di musim hujan.

Spesifikasi Pompa

Sebelum membeli, sebaiknya Anda membaca informasi mengenai spesifikasi pompa. Dengan ini Anda dapat mengerti jenis pompa air yang cocok untuk kedalam permukaan air sumur Anda. Spesifikasi yang dimaksud meliputi daya hisap.

Jenis Pompa

Untuk Anda yang membutuhkan pompa untuk kedalaman kurang dari 7 meter. Pilihlah pompa untuk sumur dangkal dan untuk kedalaman 7-9 meter gunakan semi jet pump. Untuk kedalaman 9-20 meter gunakan jet pump, dan untuk kedalaman 20 meter gunakan submersible.

Ketinggian Tower

Anda juga perlu memerhatikan seberapa ketinggian air yang hendak disalurkan. Hal tersebut berkaitan dengan spesifikasi pompa yakni Total Head. Daya dorong yang dimiliki pompa juga dipengaruhi oleh daya hisap. Jadi sebaiknya Anda meletakkan pompa serendah mungkin dengan sumber air.

Daya Listrik yang Dibutuhkan

Sesuaikan daya listrik dengan voltase rumah Anda. Hal tersebut untuk mencegah listrik down serta dapat menghemat konsumsi listrik. Untuk sumur dangkal sebaiknya gunakan pompa air dengan daya 125 – 200 watt. Untuk semi jet gunakan pompa dengan daya listrik 100 – 250 watt.

Pemutus Arus

Pastikan Pompa air yang Anda pilih memiliki pemutus arus atau circuit break untuk memutus arus saat beban pompa terlalu berlebihan. Dengan ini pompa akan memutus arus secara otomatis jika mesin terlalu panas sehingga tidak terjadi kebakaran.

Perhatikan Debit per Jam

Sebelum membeli sebaiknya Anda menghitung kebutuhan debit air rumah Anda. Sesuaikan dengan kemampuan pompa yang tercantum pada spesifikasinya. Pilih pompa dengan kapasitas besar dan daya listrik yang rendah.

Sesuaikan dengan Anggaran

Sesuaikan jenis dan merek pompa air dengan budget yang Anda miliki. Biasanya merek dengan daya listrik sama, merek berbeda, dan harga lebih mahal, belum tentu memiliki daya hisap yang kuat. Perbedaan harga biasanya berpengaruh pada lilitan motor yang mempengaruhi umur pompa, Komponen Motor & Elektronik, Kualitas Bahan, Juga Layanan Purna Jual.

Baca juga Rekomendasi Merk Pompa Air untuk Penggunaan Rumahan

Rekomendasi Merek  Berdasarkan Harga

Untuk pompa air kelas termurah dari merek Airlux, Pompe, dll. Untuk kelas menengah yakni Pansonic, Wasser,Shimizu, Multipro, DabaquA, DAB,dll. Dan untuk kelas termahal yakni Sanyo, Predol, Hitachi dan Grundfos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *