Bagian-Bagian Dan Prinsip Mesin Cuci Bagus

Mesin cuci merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang terdiri dari komponen listrik yang dirangkai sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi untuk mencuci, membilas danmengeringkan pakaian. Sekarang sudah banyak mesin cuci bagus dengan beragam merk, spesifikasi dan model di pasaran.

Semakin canggihnya teknologi modern seperti sekarang ini, semakin banyak pilihan peralatan rumah tangga yang super canggih, termasuk salah satunya adalah mesin cuci. Sekarang sudah banyak merk dari berbagai vendor yang menawarkan mesin cuci bagus otomatis. Sebelum memilih mesin cuci ada baiknya mengetahui fungsi dan manfaat mesin cuci itu sendiri.

Bagian-Bagian Mesin Cuci Dan Fungsinya

Pada dasarnya mesin cuci memiliki fungsi atau bekerja dengan tiga tahap yaitu: mencuci, membilas dan memeras atau proses pengeringan. Berikut ini bagian-bagian mesin cuci beserta fungsinya yang mesti Anda ketahui

Baca juga: DAFTAR HARGA MESIN CUCI TERBARU, NOVEMBER 2016

  1. Bagian bak pencucian fungsinya adalah untuk mencuci pakaian.
  2. Bagian bak peras atau pengering fungsinya adalah tempat untuk memeras atau mengeringkan pakaian.
  3. Sakral fungsinya untuk mengoperasikan tahap awal mencuci.
  4. Selang inlet fungsinya untuk saluran masuk dan pembuangan air.
  5. Motor listrik fungsinya untuk menggerakkan pulsator dan bak pengering.
  6. Kapasitor fungsinya untuk memperbaiki kinerja pada motor listrik.
  7. Timer atau waktu pengaturan fungsinya untuk mengatur lamanya waktu mencuci, membilas dan mengeringkan pakaian.
  8. Kabel arde fungsinya untuk mengamankan dan menetralkan arus hubungan singkat atau arus bocor bodi mesin cuci dan pulastor yang fungsinya untuk menghasilkan gerakan memutar air.

Prinsip Kerja Mesin Cuci

Kerja mesin cuci menggunakan tenaga mekanik dari motor untuk menggerakkan screw pulsator di bak dan memutar pakaian saat memeras atau mengeringkan. Pada tahap pencucian selain memperhatikan kapasitasnya juga penting memperhatikan fungsinya.

Pada tahap awal pencucian ada beberapa yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Pemisahan pakaian putih, luntur dan yang bahannya keras
  2. Air sesuai dengan kapasitas
  3. Takaran detergen yang sesuai
  4. Menyetel waktu pencucian
  5. Dan pengoperasian.

Proses pencucian pakaian berlangsung dan dikerjakan seluruhnya oleh mesin cuci berdasarkan settingan waktu yang sudah ditentukan. Jika waktu sudah mencapai waktu yang sudah ditetapkan, secara otomatis pencucian akan berhenti. Setelah selesai proses mencuci, baru kemudian proses dilanjutkan ke proses pembilasan. Pada proses pengeringan, bisa dilakukan oleh mesin cuci bagus yang berkualitas.

Ada jenis mesin cuci yang bagian depannya menggunakan kaca monitor biasanya digunakan untuk mesin cuci jasa laundry. Sedangkan yang digunakan untuk kebutuhanrumahtangga biasanya menggunakan penutup.  Beberapa jenis mesin cuci ada yang memiliki 2 buah tangki penampung yang terpisah, yaitu tangki untuk mencuci dan tangki untuk pengeringan.

Jika menggunakan mesin cuci dua tabung pada waktu selesai proses mencuci, harus memindahkan pakaian dimasukkan ke tabung untuk mengeringkan. Menggunakan mesin cuci bagus bisa menghemat waktu dan tenaga Anda hingga 80%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *