5 Tips Keamanan untuk Operator Mesin yang Harus Anda Pahami

5 Tips Keamanan untuk Operator Mesin yang Harus Anda Pahami

Saat mengoperasikan mesin berat apa pun, keamanan merupakan hal yang paling penting bagi seorang operator mesin. Memiliki aturan dan praktik keselamatan yang tepat akan mengurangi resiko cedera termasuk yang berasal dari bagian yang bergerak, kerusakan jaringan dari bagian panas atau dingin, kehilangan pendengaran, kerusakan mata, dan stres yang ditempatkan pada tubuh dari gerakan berulang dan pengangkatan berat. Untungnya, menjaga karyawan Anda aman adalah sederhana ketika Anda mengikuti 5 tips keamanan dasar ini:

5 Tips Keamanan untuk Operator Mesin yang Harus Anda Pahami

  • Pastikan semua operator terlatih dengan benar.

Setiap mesin yang digunakan di perusahaan Anda memerlukan pelatihan yang berbeda untuk sepenuhnya memahami cara mengoperasikannya dengan aman, termasuk mesin yang lebih baru yang ramah pengguna, berteknologi canggih. Jauhkan cidera operasional dengan memastikan bahwa hanya ahli mesin terlatih yang menggunakan setiap mesin dan memberikan pelatihan tambahan yang diperlukan sebelum memindahkan operator dari satu mesin ke mesin lainnya.

  • Selalu kenakan alat pelindung diri.

Jangan lupakan hal-hal mendasar. Penggunaan alat pelindung diri seperti kacamata keselamatan, pelindung pendengaran, dan sepatu keselamatan kerja sering kali merupakan garis pertahanan pertama Anda dalam cedera dan pencegahan kecelakaan.

  • Selalu menjaga mesin tetap terawat.

Operator mesin wajib menjadwalkan perawatan rutin untuk semua mesin agar tetap beroperasi pada kinerja puncak baik secara operasional dan keselamatan. Pemeriksaan alat berat secara teratur untuk memastikan efisiensi alat juga sangat mengurangi cedera karyawan, sementara dengan segera mengatasi setiap masalah yang ditimbulkan oleh operator Anda, membuat mesin Anda berfungsi dengan aman.

  • Manfaatkan ergonomis.

Mesin yang dirancang secara ergonomis membuat pembuatan alat lebih mudah dan bagian-bagian lebih mudah diakses, yang mengurangi resiko kelelahan, ketidaknyamanan, dan cedera yang dapat datang dengan seringnya membungkuk, menjangkau, dan mengangkat berat.

  • Selalu matikan mesin sebelum membuka pintu atau melepas pelindung mesin.

Sejumlah mengejutkan pada kecelakaan kerja terjadi ketika operator berusaha untuk menghilangkan macet atau memposisikan alat pemotong saat mesin masih hidup. Cegah ini terjadi dengan melatih semua karyawan dengan benar dalam keselamatan mesin dan mempertimbangkan membeli penjaga keamanan dan pintu yang memerlukan alat khusus untuk dikeluarkan oleh personel servis. Hambatan semacam itu akan mencegah operator bersentuhan dengan bagian yang bergerak dan juga akan mencegah puing dan percikan api mencapai tangan masinis.

Baca juga: Cara Menggunakan Gergaji Mesin dengan Aman

Meskipun tidak mungkin untuk mencegah semua kecelakaan di tempat, menggunakan 5 tips keamanan sederhana seperti di atas ini akan sangat mengurangi resiko cedera, menghemat waktu dan uang Anda dan karyawan Anda. Bersedia payung sebelum hujan adalah langkah terbaik yang dapat dilakukan oleh seorang operator mesin demi menjaga keselamatan selama bekerja, tanpa menjaga keamanan, maka pekerjaan tidak dapat berjalan dengan aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *