4 Tips Ini Membantu Menemukan Harga Mesin Padi yang Lebih Murah

Bagi petani tentunya sangat bergantung dengan keberadaan mesin padi untuk membantu proses panen maupun saat menggiling padi. Mesin di dalam bidang pertanian sangat banyak, tidak hanya berupa mesin penggiling padi saja melainkan masih ada traktor, diesel, dan lain sebagainya. Saat ini petani bisa menikmati peralatan yang lebih canggih dan ekonomis untuk membantu pengerjaan lahan pertanian dan sewaktu memanen hasil pertaniannya. Akan tetapi mesin-mesin modern ini biasanya tidak murah sehingga jarang petani bisa membelinya dan memilih metode manual.

Tips Mendapatkan Mesin Pertanian yang Murah

Para petani pun sebagian besar memilih menyewa peralatan yang dibutuhkan tersebut supaya pengerjaan lahan semakin mudah dan cepat. Beberapa memilih patungan, sehingga membayar iuran untuk sama-sama membeli mesin pertanian. Supaya bisa mendapatkan harga termurah maka beberapa tips ini bisa dilakukan:

  • Kunjungi toko alat pertanian terlengkap,

Toko yang menjual alat-alat pertanian tentu ada beberapa, dan kadang kala di sebuah daerah terdapat lumayan banyak. Nah, kunjungi toko paling lengkap supaya di dalamnya tersedia mesin dalam berbagai jenis dan merek sehingga bisa mendapatkan harga termurah dengan mudah.

  • Bandingkan harga di beberapa toko yang ditemui,

Jikalau rata-rata toko penjual mesin padi menyediakan pilihan yang sama maka bandingkan harga saja ke beberapa toko yang dijumpai. Masuk ke sebuah toko tidak mewajibkan Anda untuk bertransaksi sebab bisa saja hanya sekedar bertanya mengenai harga dan pilihan produk yang diinginkan dimana disediakan oleh toko tersebut. Saat bertanya harga maka ketahui toko alat pertanian mana yang memberikan harga paling rendah, maka disitulah transaksi bisa dilakukan.

  • Jangan ragu untuk menawar harga,

Beruntung bagi Anda yang berbelanja alat pertanian di sebuah toko bukannya mall, karena harga yang disediakan bukan harga mati. Artinya Anda leluasa untuk menawar harga yang disebutkan oleh si penjual, entah diturunkan sekian persen sesuai keinginan. Namun jangan asal menawar, perhitungkan soal keuntungan penjual sehingga tidak menawar terlalu rendah agar penjual menghargai usaha Anda. Besar kemungkinan kalau lihai menawar maka bisa mendapatkan harga yang murah, maka saat berbelanja ajaklah rekan petani yang dikenal pandai menawar.

  • Pembelian dilakukan saat ada promo,

Mencoba menghemat anggaran untuk menyediakan alat pertanian modern agar pekerjaan di sawah lebih efisien tentunya patut untuk dilakukan. Usahakan memilih toko yang tepat supaya harganya pas dengan budget yang telah disiapkan, syukur-syukur jika di bawah budget tersebut. Kalau memang menjumpai toko alat pertanian yang harganya pas maka bisa berkunjung saat promo digelar, misalnya menjelang tahun baru beberapa bulan lagi. Promo ini membantu mendapatkan potongan harga untuk setiap pembelian mesin padi dan peralatan lain yang disediakan toko tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *