4 Langkah Menjaga Kesehatan Mesin Mobil Agar Tetap Bagus

4 Langkah Menjaga Kesehatan Mesin Mobil Agar Tetap Bagus

Jika Anda memiliki mobil tentunya mengurus dan melakukan pemeliharaan mobil menjadi tanggung jawab dan kewajiban yang harus Anda lakukan secara rutin. meskipun hal ini kedengarannya sedikit merepotkan Anda, saat Anda harus menghabiskan banyak waktu dalam melakukan perawatannya, namun untuk melakukan perawatan secara rutin pada sebenarnya menjadikan Anda lebih menghemat biaya pengeluaran. Hal ini dikarenakan menjaga mesin mobil dapat meminimalisir kerusakan yang parah, sehingga kalaupun ada kerusakan yang harus diganti tidak akan memakan banyak uang di kantong Anda.

 4 Langkah Menjaga Kesehatan Mesin Mobil Agar Tetap Bagus

Berikut ini langkah menjaga mesin pada mobil:

  • Bersihkan bagian dalam dan luar mobil Anda setiap bulan.

Menjaga kebersihan mobil Anda seperti menjaga kebersihan ruangan Anda, kecuali semua orang dapat melihat mobil Anda dan mengukur seberapa kotor (atau bersih) Anda. Gunakan mesin vakum untuk membersihkan bagian dalam mobil Anda. Mobil yang tidak bersih akhirnya akan menarik kotoran dan kotoran yang dapat merusak interior dan eksterior Anda, dan menjadikan Anda merasa kurang nyaman selama berada di dalam mobil.

  • Ganti oli mobil.

Setiap pembuat mobil memiliki hal yang berbeda untuk dikatakan ketika menyangkut oli, tetapi sebagian besar pakar setuju bahwa hal yang baik untuk mengubahnya secara teratur. Jika Anda bingung jenis oli apa yang harus digunakan, maka konsultasikan pada orang yang lebih ahli dalam bidangnya. Mesin mobil Anda membutuhkan oli untuk melumasi mesin mobilnya dan menghentikan detergen, jadi pastikan Anda mengikuti langkah-langkah ini untuk memeriksa oli Anda setiap bulan atau lebih. Jika mobil Anda tidak memiliki minyak segar, kotoran akan menumpuk dan akhirnya mematikan mesin Anda.

  • Periksa tekanan ban.

Tekanan ban yang salah dapat menyebabkan banyak masalah, termasuk pemutusan yang buruk, ketidakstabilan, jarak tempuh yang lebih sedikit, dan tentu saja, ban kempes, jadi periksa tekanan ban Anda dengan alat pengukur. Juga, putar ban Anda sering untuk memastikan bahwa mereka memakai merata, pastikan Anda mendapatkan yang paling sebelum mengganti mereka.

  • Bantalan rem.

Mengabaikan bantalan rem Anda pada akhirnya akan menyebabkan rotor rem Anda gagal, yang menyebabkan penggantian dan yang terburuk, keadaan darurat yang tidak ingin Anda tangani.

Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org 

Kaca mobil yang kotor dan berlubang adalah bahaya keamanan, karena mengaburkan pandangan Anda tentang jalan. Jadi berikan ini pembersihan rutin. Dengan menggunakan bagian spons rendam seluruh kaca depan dengan cairan pembersih. Kemudian tarik spons dengan kencang dari tengah kaca depan ke samping, finishing sisa goresan dengan menariknya dari atas ke bawah. Hal ini terutama penting setelah drive yang diperpanjang di jalan raya ketika kaca mobil Anda penuh dengan bangkai serangga dan menggunakan cairan pencuci dan wiper mobil Anda untuk menghapusnya hanya menciptakan kekacauan besar, kotor yang mengaburkan garis pandang Anda bahkan lebih. Itulah alasan mengapa merawat mesin mobil penting untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *