4 Jenis Mesin Gerinda yang Menawarkan Fungsi Berbeda

Mesin gerinda merupakan jenis mesin yang dapat digunakan untuk membuat perkakas. Mesin ini pada umumnya dapat untuk mengasah dan juga memotong benda yang keras dengan lebih mudah. Selain fungsi dapat untuk menajamkan, mengasah, memotong, ataupun mengikis, ada fungsi lainnya yang bisa diberikan dimana hal tersebut tergantung jenis yang dipilih. Di pasaran sendiri ada 4 jenis mesin ini yang dapat dipilih sebagai berikut ini:

  • Surface grinding

Jenis mesin yang pertama adalah gerinda permukaan atau surface grinding. Jenis ini mempunyai fungsi dapat untuk digunakan pada benda datar yang mempunyai permukaan yang rata. Dimana benda yang mempunyai permukaan rata tersebut bisa diletakkan di bawahnya dan kemudian bisa untuk dikerjakan dengan mesin ini yang bisa berputar untuk membuat bentuk dan fungsi yang diinginkan. Mesin ini mempunyai gerak horizontal yang bolak-balik dan juga digerakkan maju mundur dan kebawah. Jenis mesin ini pada umumnya mempunyai bisa difungsikan dengan dua cara yang dipilih yaitu bisa secara manual ataupun secara otomatis tergantung dari jenisnya. Dimana hasil yang akan didapatkan dari mesin ini pada umumnya mempunyai beberapa bentuk permukaan. Dimana untuk gerakan umum yang bisa didapatkan dari mesin ini adalah gerak putar batu gerinda, gerak pemakanan, dan juga gerak meja memanjang dan juga melintang.

  • Mesin jenis gerinda tangan

Jenis selanjutnya yang dapat dipilih adalah mesin gerinda tangan yang berfungsi untuk benda kerja. Jenis ini seperti namanya digerakkan dengan tangan dan mempunyai model yang lebih sederhana dan juga ukuran yang lebih kecil. Mesin ini dapat untuk mengasah benda seperti pisau dan juga pahat. Selain itu juga dapat untuk merapikan hasil las, merapikan hasil benda yang telah dipotong, dapat untuk membentuk lengkungan pada benda yang bersudut, dan juga dapat untuk menyiapkan benda terlebih dahulu sebelum akan di las.

  • Mesin jenis gerinda duduk

Jenis selanjutnya yang dapat dipilih adalah gerinda duduk. Mesin ini dapat digunakan untuk mengasah mata bor sehingga dapat lebih tajam, selain mata bor mesin ini juga berguna untuk mengasah benda tajam lainnya seperti pisau, golok, mata bajak, dan lainnya. selain itu mesin in juga dapat untuk membentuk perkakas menjadi bentuk baru, dapat untuk membuat suku cadang untuk mesin jahit, dapat untuk membuat obeng, dan masih banyak fungsi lainnya.

  • Mesin jenis gerinda lurus

Dan jenis lainnya yang bisa dipilih adalah mesin gerinda lurus yang pada umumnya jenis ini dapat untuk membuat profil dan juga ukiran pada permukaan benda. Jenis ini mempunyai bentuk yang kecil dan mudah ditemui dan digunakan oleh para pengukir. Mesin ini sangat fleksibel digunakan dan dapat untuk digunakan mengukir pada permukaan komponen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *