4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mesin Potong Kayu

Dalam pengolahan kayu memang ada banyak sekali jenis perlengkapan yang harus dimiliki oleh para tukang kayu sehingga hasil kerjanya nanti menjadi jauh lebih baik dan juga cepat. Salah satu diantaranya adalah mesin potong kayu, pastinya bukan hal yang baru lagi, mesin yang satu ini digunakan untuk kebutuhan mengecilkan atau melakukan pemotongan, khususnya pada beberapa media yang ukurannya besar dan juga tebal, sehingga tak bisa dipotong dengan menggunakan alat biasa. Untuk itulah digunakan gerinda ini.

Apalagi gerinda tersebut jenisnya juga banyak sekali, selain produk gerinda dengan ukuran yang besar, maka juga ada seri tangan yang lebih kecil dan praktis dipakai, tergantung dari kebutuhan pekerjaan sendiri, mesin gergaji ini agaknya memang tidak bisa dioperasikan sendiri, melainkan paling tidak dilakukan oleh 2 orang sehingga berlangsung lebih cepat dengan hasil yang juga maksimal. Satu pertimbangan penting dalam penggunaannya adalah keamanan, hendaknya hanya digunakan oleh orang-orang yang sudah ahli, karena resiko dalam pekerjaan ini nyatanya sangatlah besar.

Baca juga: Lakukan 4 Cara Ini Supaya Mesin Potong Kayu Anda Bisa Lebih Awet

Sebagian besar dari bagian mesin potong kayu ini terbuat dari benda tajam yang bergerak dan bisa memotong apapun yang ada di sekitarnya. Khusus untuk konsumen yang ingin membeli alat tersebut, maka berikut ini ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan, diantaranya adalah:

  1. Jenis penggerak mesin, umumnya gerinda ini ditawarkan dalam 2 bagian penggerak, yaitu inline show dan juga word drive show. Khusus jenis inline show ini mata pemotong langsung berhubungan dengan bagian fragmen mesin. Sehingga proses penggergajian dilakukan secara cepat, hanya segaris dan dapatkan hasil potongan yang besar sebaliknya khusus untuk worm drive ini bekerja tak hanya untuk memotong dalam ukuran besar saja, melainkan juga yang ukurannya kecil-kecil.
  2. Tampilan atau desain, bagian penting lainnya yang juga menjadi pertimbangan ketika memilih mesin adalah tampilan, turut mempengaruhi bagaimana proses kerjanya, karena ada banyak sekali model mesin untuk memotong kayu mulai yang tangan hingga duduk.
  3. Fitur pemotongan, khusus untuk fitur dalam hal memotong kayu ini juga beragam, ada potongan-potongan tebal, namun juga ada yang sebaliknya jenis potongan yang kecil. Begitupun dengan bentuk yang nantinya ditawarkan.
  4. Daya yang dibutuhkan dalam menggerakkan mesin tersebut, power atau tenaga yang dibutuhkan untuk menggunakan mesin berbeda-beda, biasanya semakin besar ukuran yang dipotong maka membutuhkan tenaga yang besar, akan sangat berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakarnya. Namun ada juga beberapa jenis gerinda yang agaknya memang hemat dalam pemakaian bahan bakar.

Jangan salah dalam memilih mesin potong kayu ini, khusus untuk kebutuhan dalam menjalankan bisnis maka gunakan yang paling awet, pilih merk yang berkualitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *