3 Tipe Mesin Potong Rumput yang Wajib Dikenali Sebelum Dibeli

Melihat taman terasa kotor karena banyak rumput liar tumbuh subur dan tinggi maka Anda perlu segera menggunakan mesin potong rumput. Mesin ini berfungsi untuk memotong rumput yang tumbuh secara liar dan berlebihan sehingga kembali rapi dan sedap dipandang. Bagi siapa saja yang kebetulan memiliki taman di rumah dan menjadikan rumput sebagai bagian di dalamnya, maka wajib menyediakan mesin pemotong rumput ini. Sebab rumput tumbuh dengan cepat dan bisa jadi belum sampai sebulan sudah harus dipangkas agar taman kembali indah.

Mengenal Tipe-tipe Mesin untuk Memotong Rumput

Memotong rumput sebenarnya bisa dilakukan secara manual, namun butuh berapa lama dan berapa besar tenaga yang dikeluarkan? Tentunya lebih banyak ketimbang memakai mesin khusus pemotong rumput dan baiknya memilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan. Pilihan tipenya sendiri antara lain:

Baca juga: Menilik Kecanggihan Mesin Potong Rumput dengan Berbagai Model yang Berbeda-beda

  • Mesin pemotong rumput gendong,

Kalau Anda memperhatikan fasilitas publik tentunya rumput di taman yang disediakan dipangkas secara berkala oleh seorang tukang. Umumnya memakai mesin pemotong tipe gendong, sehingga digendong seperti ransel. Kemudian ada tongkat yang dipegang dengan tangan, di ujungnya terdapat mata pisau dan tinggal diarahkan ke rumput yang hendak dipangkas.

  • Mesin pemotong rumput berbentuk kendaraan,

Bagi pemilik lapangan golf tentu akan membuang banyak waktu dan tenaga jika memakai mesin potong rumput tipe gendong. Sebab pengerjaannya hanya untuk area yang kecil saja, lebih cocok untuk taman kecil atau minimalis. Supaya lapangan golf, sepak bola, dan lapangan berumput luas lainnya segera rapi maka memakai mesin pemotong rumput berbentuk kendaraan mirip mobil mini. Tukang taman hanya cukup duduk manis dan selama mobil berjalan area yang dilewati rumputnya sudah terpangkas rapi.

  • Mesin pemotong rumput yang didorong,

Sekilas mesin pemotong rumput tipe ini tidak berbeda jauh dengan tipe gendong namun memiliki ukuran lebih besar. Jika diperhatikan mirip sekali dengan bentuk mesin penyedot debu namun fungsinya untuk memangkas rumput liar. Pemakaiannya jauh lebih praktis ketimbang tipe gendong karena tidak terbebani dengan bobot mesin tersebut. Cukup didorong ke arah rumput yang hendak dipangkas maka seketika akan kembali rapi dan cantik, tidak ada rumput tinggi sebelah lagi.

Mesin untuk memotong rumput tentunya menjadi kebutuhan bagi Anda yang peduli dengan keindahan taman. Selain membeli sebagian orang memilih menyewanya di tukang taman, kadang sekalian dibayar untuk memangkas seluruh rumput yang sudah terlalu panjang. Namun bagi yang suka berkebun sendiri dan ingin memangkas rumput sendiri bisa membelinya secara mandiri. Anda bisa datang ke toko alat pertanian, dimana di dalamnya juga disediakan alat-alat untuk berkebun. Pilih toko yang tepat dan jangan lupa teliti dalam memilih mesin potong rumput supaya mendapatkan yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *