3 Poin Penting Menggunakan Pengering Rambut atau Hair Dryer

hargamesin.com-pengering rambut

Pengering rambut (hair dryer) adalah peralatan yang digunakan untuk mengeringkan rambut. Fungsi hairdryer adalah untuk mengeringkan rambut setelah keramas, namun sekarang hairdryer tidak hanya untuk mengeringkan rambut, namun bisa digunakan untuk mempercantik rambut, misalnyaL memberikan kesan lebih tebal, efek bergelombang, lurus dan lain sebagainya.

Mengeringkan rambut menggunakan hairdryer terlihat sepele, namun tahukan Anda bahawa penggunaan alat ini harus disesuaikan dengan jenis rambut. Apakah rambut Anda kusa, kering, lurus, normal, berminyak atau keriting. Karena pada dasarnya rambut terdiri struktur yang sama dengan kuku, dimana permukaan rambut bisa berubah jika terjadi rangsangan dari luar.

Walaupun demikian rambut bisa memperbaiki diri jika terjadi kerusakan, namun membutuhkan waktu yang lama. Apa hubungannya dengan penggunaan hair dryer? Hubungannya adalah protein rambut akan rusak jika terkena panas yang tinggi. Sedangkan batas suhu maksimal adalah 140 derajat celcius. Jika lebih dari itu bisa menyebabkan rambut rusak.

Nah Berikut ini akan kami informasikan bagaimana cara penggunaan hair dryer yang tepat:

  • Kenali Daya Listrik Hair Dryer

Semakin besar watt pada hair dryer makan semakin cepat proses pengeringan rambut. Dan dalam kondisi normal maka semakin cepat rambut kering setelah keramas. Artinya kutikula rambut akan cepat tertutup sehingga kelembababn rambut lebih terjaga dan lebih sehat berkilau.

Setiap jenis pengering rambut sudah dilengkapi tombol. Setiap tombol memiliki fungsinya masing-masing. Beberapa jenis tombol yang umumnya terdapat pada hair dryer adalah:

  • Tombol untuk mengatur kekuatan angin,yaitu:

Turbo untuk menghasilkan angin besar dan rendah

High untuk menghasilkan angin sedan dan sedang

Low untuk menghasilkan angin kecil dan panas

Baca juga: CARA PENGGUNAAN PENGERING RAMBUT AGAR TETAP SEHAT

  • Tombol untuk mengatur suhu

Umumnya tombol hot dan cool, fungsinya untuk menatur suhu. Umumnya hair dryer memapu menghasilkan suhu max 120 derajat celcius. Anda bisa memilih hair dryer yang dilengkapi tombol healthy switch yaitu tombol yang mengeluarkan suhu angin 70 derajat celcius.

Jika Anda memilih tombol cool membantu rambut Anda tertata dengan indah dan lebih lama.

  • Suara hair dryer

Sebaiknya Anda memilih hair dryer yang tidak mengeluarkan suara yang terlalu bising, karena bisa mengganggu terutama jika digunakan pada waktu malam hari.

  • Kenali bagian Nozzle

Nozzle adalah bagian depan corong hair dryer. Anda bisa memilih hair dryer yang corongnya menyempit di bagian ujung karena angin yang keluar lebih fokus mengarah ke rambut. Pilih juga hair dryer yang memiliki banyak fiter karena biasanya bisa menghisap angin lebih kencang sehingga rambut yang basah bisa cepat kering.

Demikian informasi mengenai apa saja yang harus Anda ketahui jika hendak membeli pengering rambut. Jangan lupa menyisir rambut dengan model sisir jarang saat menggunakan hair dryer, hal ini bisa membantu melepaskan rambut kusut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *