3 Langkah Merawat Mesin Espresso yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

3 Langkah Merawat Mesin Espresso yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Memiliki ketertarikan pada kopi membuat Anda tergiur untuk menyediakan mesin espresso di rumah, supaya puas menikmati kopi kapan saja. Memang benar bahwa harga mesin kopi espresso ini tidaklah murah akan tetapi jika dibandingkan dengan biaya datang ke kafe atau kedai kopi. Dijamin masuk kategori lebih hemat, sebab secangkir kopi di kafe maupun kedai terkemuka bisa mencapai puluhan bahkan ratusan ribu. Tergantung pada jenis biji kopi yang digunakan, proses penyeduhan, sampai siapa yang meracik seduhan kopi tersebut.

Beberapa orang bahkan menghabiskan tiga perempat dari tagihan kartu kredit bulanan sekedar membayar harga kopi, fantastis bukan? Memiliki mesin ini di rumah tentu menjawab keinginan untuk menikmati kopi kapan saja tanpa terbentur jam operasional kedai langganan. Sekaligus bisa leluasa memilih biji kopi favorit, sehingga benar-benar menguntungkan. Akan tetapi jangan lupa untuk memberikan perawatan dengan benar agar tidak mudah rusak, salah satunya dengan rutin menghubungi jasa service mesin kopi.

Merawat Mesin Kopi Sendiri di Rumah

Sayangnya biaya untuk service tidaklah murah maka pertimbangkan memberi perawatan mandiri, apalagi ada beberapa perawatan sederhana yang bisa dilakukan sendiri. Misalnya adalah:

  • Cara sederhana bersihkan port filter,

Untuk menjadikan mesin pembuat kopi yang dimiliki awet maka perlu rajin membersihkannya, dan point ini bisa dilakukan sendiri. Salah satunya dengan membersihkan bagian portafilter pada mesin espresso yakni dengan menuangkan air panas setiap kali selesai digunakan. Cara ini akan membantu membersihkan bagian tersebut dari sisa-sisa kopi yang tertinggal saat proses penyeduhan. Akan semakin efektif jika merendam bagian ini ke dalam air panas, paling tidak selama 30 menit.

Baca juga: Espresso Machines

  • Cara terbaik membersihkan grouphead,

Selain bagian portafilter pada mesin pembuat kopi, komponen tempat portafilter tersebut yakni grouphead juga wajib dibersihkan secara teratur. Anda bisa membersihkannya sesaat setelah membuat kopi sehingga akan digunakan lagi keesokan paginya. Caranya sendiri cukup mudah yakni menuangkan baking soda ke dalam portafilter kemudian dimasukkan ke dalam grouphead tersebut. Lalu nyalakan mesin, kemudian hentikan, nyalakan lagi, sampai berulang sebanyak empat kali. Setelahnya portafilter dilepas, dan bagian grouphead akan bersih dan semakin bersih ketika dilakukan berulang.

  • Rajin membersihkan nozzle uap,

Dalam menyeduh kopi espresso memakai mesin dijamin akan menuangkan susu ke dalam seduhan tersebut. Ketika memasukan susu inilah akan terbentuk uap di bagian nozzle yang ternyata wajib sekali langsung dibersihkan sesaat setelah busa pada susu mulai terbentuk sempurna. Membersihkannya pun memakai kain khusus pembersih nozzle pada mesin kopi espresso ini, sehingga tidak bisa sembarangan memakai lap kain ataupun tissue. Mendapatkan kain pembersih ini cukup mudah, cukup kunjungi tempat dimana Anda membeli mesin espresso tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *