3 Jenis Mesin Amplas yang Umum Dipakai dalam Industri Furniture  

3 Jenis Mesin Amplas yang Umum Dipakai dalam Industri Furniture  

Ada kalanya memang beberapa bidang industri khususnya adalah pembuatan produk manufaktur mengandalkan banyak sekali mesin yang dipakai untuk menunjang pekerjaannya, salah satu diantaranya adalah mesin amplas, jenis yang satu ini dikenal juga dengan nama sander, tentunya sudah tidak begitu asing bagi Anda bukan. Seperti namanya fungsinya adalah untuk mengamplas atau dikenal juga untuk memperjelas permukaan dari benda yang akan di amplas tersebut.

 3 Jenis Mesin Amplas yang Umum Dipakai dalam Industri Furniture  

Hanya benda-benda tertentu yang memang memiliki sifat abrasif saja yang dapat dihaluskan dengan memakai sander tersebut, misalnya adalah permukaan dari kayu, sampai dengan furniture yang sudah jadi. Jika melihat dari jenisnya sendiri sebenarnya mesin amplas ini terbagi dalam beberapa macam yang wajib untuk diketahui, diantaranya adalah:

  1. Belt sander, mesin yang satu ini memiliki bentuk seperti sebuah pita, cara kerjanya sendiri adalah dengan memutar dua buah roda yang ada sebagai sumber tenaga tersebut, bisa dikatakan mesin jenis ini memiliki kecepatan yang sangat tinggi di dalam menghaluskan permukaan sebuah benda, namun juga harus dilakukan dengan tingkat konsentrasi yang tinggi sehingga hasilnya bisa sempurna. Karena memang cukup besar dan berat, sehingga dalam pengoperasiannya harus dilakukan secara berhati-hati. Biasanya selain dipakai untuk mengamplas atau menghaluskan permukaan benda, juga digunakan dalam mengelupaskan cat lama pada permukaan sebuah benda.
  2. Orbital sander, mesin yang satu ini bekerja dengan sistem getaran yang nantinya akan menghasilkan gerakan naik dan juga turun. Sedangkan untuk area pengamplasan yaitu sponsnya memang agak keras sehingga dapat mengikis permukaan benda yang diletakkan di bagian dalamnya. Sistem pengamplasan dengan mesin ini termasuk cukup fleksibel sehingga tidak merusak permukaan dari benda tersebut. Hasil halusnya juga lebih baik. Mudah dioperasikan dan biasanya banyak dipakai untuk industri pembuatan produk rumah tangga dari kayu yang kecil.
  3. Random orbital sander, mesin yang satu ini bekerja dengan cara putaran dan juga getaran, pemasangan amplasnya mengandalkan sistem vetro sehingga tak jarang diantaranya dikenal sebagai mesin vetro sander juga. Sistem pengamplasan yang dilakukan oleh mesin yang satu ini terbilang lebih cepat dan juga benar-benar halus dibandingkan dengan yang lainnya. kemudian juga ada sebuah lubang di bagian tatakannya yang berfungsi untuk menghisap debu yang dihasilkan dari pengamplasan tersebut, inilah yang membuatnya lebih banyak dijadikan sebagai pilihan, karena tergolong sehat. Namun harganya relatif lebih tinggi dibandingkan yang lainnya.

Baca Juga : Ini Dia Jenis Mesin Canggih Pemotong Kayu yang Bisa Anda Gunakan

Untuk menjaga keamanan ketika tengah bekerja dengan menggunakan mesin amplas ini memang Anda nantinya dituntut untuk mengenakan sebuah masker, sehingga debu yang dikeluarkan tak langsung terhirup oleh pernapasan. Selain itu juga tidak boleh mengamplas lama tanpa istirahat, dianjurkan untuk berhenti setelah beberapa jam untuk membersihkan debu yang dihasilkan terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *