3 Cara Meningkatkan Kinerja Mesin Pompa Air

3 Cara Meningkatkan Kinerja Mesin Pompa Air

Mengetahui kondisi tempat kerja Anda, bagaimana mengurangi kerugian gesekan, dan di mana menempatkan peralatan Anda akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari pompa Anda. Jika Anda perlu memenuhi pembatasan kebisingan, mesin pompa air dengan mesin empat langkah biasanya lebih tenang daripada jenis mesin lainnya. Selain itu, engine dengan desain cam overhead belt-driven mengurangi tingkat kebisingan selama pengoperasian. 

3 Cara Meningkatkan Kinerja Mesin Pompa Air

seberapa banyak dan seberapa cepat sebuah pompa bergerak cair disebut sebagai kepala, namun hal ini juga tergantung pada seberapa baik Anda memahami beberapa prinsip ilmiah dasar. Tekanan atmosfir adalah apa yang memungkinkan pompa untuk mengangkat air. Mesin dapat diredakan sehingga dapat beroperasi secara optimal pada ketinggian tinggi. Proses ini melibatkan mengubah campuran udara/bahan bakar dan biasanya mengatasi setiap kerugian terkait ketinggian dalam kapasitas debit atau hisap kepala.

Berikut ini cara meningkatkan kinerja mesin pompa air, yaitu:

  1. Pilih pompa dengan tingkat perlindungan bingkai yang diperlukan untuk pekerjaan itu. Misalnya, jika Anda berencana memompa air asin, pilih pompa submersible multiguna atau baja tahan karat dan bukan pompa dengan rumah aluminium. Atau jika Anda memompa bahan kimia industri atau pertanian, Anda akan menginginkan rumah pompa termoplastik untuk kemampuan kimia, seperti dengan pompa.
  2. Desain pompa yang paling umum tersedia, pompa sentrifugal, menggunakan gaya sentrifugal untuk mengalirkan cairan ke dalam pipa. Digabungkan ke poros engkol mesin, disk berputar dengan baling-baling penggeser keluar cair, menghasilkan perubahan tekanan yang menyebabkan cairan mengalir melalui pompa. Mekanisme ini, disebut impeller, ditempatkan dalam sebuah volute. Volute mengumpulkan dan mengarahkan aliran cairan dari impeller dan meningkatkan tekanan air berkecepatan tinggi yang mengalir dari baling-baling impeller.
  3. Cairan yang bergerak melalui selang atau pipa pembuangan menciptakan panas karena gesekan dari dua permukaan air terhadap dinding bagian dalam selang. Dengan meningkatnya panjang atau diameter menurun, peningkatan gesekan memperlambat aliran cairan dan menurunkan kapasitas debit.
  4. Minimalkan kerugian gesekan dengan menggunakan selang terbesar dan terpendek yang mungkin untuk aplikasi Anda. Pipa baja menghasilkan lebih banyak gesekan daripada PVC halus atau vinil, jadi jika baja lebih cocok untuk cairan yang Anda pompa, Anda akan menginginkan selang berdiameter besar yang memiliki panjang yang lebih pendek.

Baca juga: Tips Menghemat Energi Pompa Air di Rumah

Menghentikan aliran keluar dari mesin pompa air tanpa mematikan mesin. Pompa sentrifugal harus mati berkepala tidak lebih dari sekitar lima menit untuk meningkatkan tekanan nilai maksimum pompa. Dead-heading untuk jangka waktu yang lama akan menyebabkan air atau cairan di dalam pompa akhirnya memanas dan menyebabkan kerusakan pada mechanical seal. Jangan pernah mematikan kepala pompa saat melakukan perpindahan positif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *