Home Peralatan Rumah Inspirasi Material Penghias Dinding; Ada Wallpaper Dinding Hingga Batu Bata

Inspirasi Material Penghias Dinding; Ada Wallpaper Dinding Hingga Batu Bata

by Erin Nuzulia

Salah satu hal yang menyenangkan dari mendesain rumah adalah memilih desain pemanis dinding agar tidak polosan. Ada banyak ide desain untuk menghias dinding rumah. Salah satu yang banyak digemari adalah wallpaper dinding. Namun, selain wallpaper dinding, masih ada banyak inspirasi untuk hiasan dinding lho. Berikut beberapa contekan inspirasi untuk desain pemanis dinding

Inspirasi pertama adalah adalah membiarkan dinding Anda tidak terlapisi apapun melainkan hanya batu bata. Tipe dinding yang seperti ini banyak diadopsi dari desain interior rumah dengan konsep industrial home design dan country home design. Ciri khasnya adalah menggunakan tone warna yang cenderung hangat dan elemen warna tanah seperti coklat, abu abu, hitam dan lain sebagainya. Konsep dinding yang terekspos (exposed bricks) ini sebenarnya tidak hanya berupa batu bata dan semen saja, melainkan juga diberi lapisan terluar yang menjaga agar batu bata tetap awet. Cocok sekali ya desain pemanis dinding ini untuk rumah dengan konsep alami. Sesuaikan jenis dan warna perabotnya agar semakin serasi.

Menggunakan kain batik sebagai penghias dinding? Kenapa tidak! Sebagai orang Indonesia, kita harus berbangga dengan warisan budaya yang kita miliki. Salah satunya adalah kain batik. Nah, menggunakan kain batik sebagai penghias dinding tentu membuat tampilan dinding rumah menjadi unik sekaligus antik. Anda bisa menggunakan konsep hiasan kain batik ini dengan menambahkan teralis untuk tempat menggantungkan kain. Hal ini agar kain bisa dilepas untuk pencucian. Bisa juga dengan membingkai kain batik ke dalam pigura kaca berukuran besar. Dengan demikian, Anda tidak perlu mencucinya.

Penggunaan wallpaper masih menjadi favorit banyak orang untuk menghias dinding rumahnya. Wallpaper masih menjadi pilihan utama karena banyak desain dan warna yang ditawarkan, sehingga bisa mengikuti kebutuhan dan selera penggunanya. Selain itu harga wallpaper dinding juga relatif tidak mahal. Kini, wallpaper juga ada yang waterproof sehingga kalau kotor bisa dibersihkan dengan air tanpa merusaknya. Meski demikian, pemasangan wallpaper agak sedikit tricky. Apabila pemasangan kurang benar, maka bukan tidak mungkin wallpaper menjadi rusak dan bergelembung.

Baca Juga:  Daftar Harga Blender 4 Merk Terbaik

Alternatif lain selain wallpaper adalah wall sticker. Penggunaan wall sticker ini kini cukup banyak diminati karena harganya yang terjangkau serta mampu menghadirkan kesan yang menarik di dinding. Wall sticker ini adalah berupa stiker yang ditempelkan pada dinding yang telah diberi cat warna dasar. Untuk pengaplikasiannya sangat simpel. Cukup bersihkan dengan lap pada bagian dinding yang ingin ditempeli wall sticket, biarkan beberapa saat, kemudian kelupas pelindung stikernya dan aplikasikan pada dinding. Anda tinggal berkreasi menentukan desain dan letak wall sticker yang sesuai.

Ide selanjutnya yang bisa dicontek adalah dengan menambahkan ornamen tiga dimensi pada dinding. Seperti contoh adalah gambar di atas. Anda bisa membuat hiasan sendiri yang dibentuk menyerupai bunga dan dedaunan dengan aneka warna cerah khas floral dengan bahan kertas karton. Kemudian ditempel di dinding menggunakan selotip dua sisi. Tata hingga tampak padu. Nah, meski ide dekorasi ini terlihat cantik dan menarik, sayangnya dekorasi rumah tiga dimensi ini akan susah dibersihkan. Karena dekorasiny timbul, akan besar potensi terjadinya penumpukan debu dan kotoran. Untuk pembersihan debu dan kotorannya pun sulit karena hanya bisa dibersihkan dengan kemoceng atau lap kering yang tentu saja tidak akan maksimal. Karena, jika menggunakan lap basah, tentu akan merusak dekorasi tersebut.

 

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More