Home Tips Tips Merawat Mesin Mobil Manual dengan Benar

Tips Merawat Mesin Mobil Manual dengan Benar

by Deann Allen
Tips Merawat Mesin Mobil Manual dengan Benar

Cara merawat mesin mobil haruslah dilakukan dengan cara yang benar dan tidak boleh dilakukan dengan cara yang sembarangan. Melakukan perawatan mobil dengan cara yang sembarangan dapat menyebabkan kerusakan pada mobil. Sedangkan untuk mobil merupakan alat transportasi yang banyak digunakan oleh para masyarakat sebagai alat transportasi yang nyaman dan dijadikan sebagai alat transportasi sehari-hari. Memiliki mobil tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya perawatan.

Tips Merawat Mesin Mobil Manual dengan Benar

Dengan melakukan perawatan mobil secara rutin dan dengan cara yang benar, maka hal ini pun akan menjadikan mesin mobil dapat terjaga dengan baik dan tidak akan menimbulkan kerusakan pada mobil. Hal ini pun juga berlaku untuk jenis mobil manual pula. Sedangkan untuk kebanyakan para pemilik mobil cenderung lebih melakukan perawatannya dengan cara yang salah. Sedangkan untuk melakukan perawatan dengan cara yang salah, maka akan menimbulkan kerusakan pada mobil. Sehingga jangan sampai Anda salah dalam melakukan perawatannya.

Untuk Anda pemilik mobil manual yang belum mengetahui tata cara dalam melakukan perawatannya, maka Anda dapat untuk mengetahuinya melalui beberapa ulasan yang ada di bawah berikut ini yang akan menjadikan diri Anda dapat merawat mesin mobil manual dengan benar dan tentunya tidak akan menimbulkan kerusakan pada mobil kesayangan Anda. Sehingga Anda dapat mengintip ulasan berikut ini:

  • Mengganti oli secara rutin.

Oli sangat menunjang pada performa mobil Anda, sehingga jangan sampai Anda lupa tidak mengganti oli Anda. Dengan begitu maka gantilah oli secara rutin agar performa mobil Anda tetap terjaga dengan baik dan mobil yang Anda kendarai pun juga dapat berjalan dengan aman.

  • Mengecek Coolant.

Air radiator berfungsi untuk menetralkan panas yang ada di dalam mesin mobil. Sehingga Anda jangan sampai lupa untuk mengecek air radiator. Air radiator yang habis dapat menyebabkan overhead dan menyebabkan kerusakan pada mobil kesayangan Anda.

  • Membersihkan Filter Karburasi.

Filter kaburasi yang jarang dibersihkan ini pun juga akan menyebabkan mesin mobil sulit dinyalakan. Sehingga penting sekali bagi Anda untuk membersihkan bagian saringan karburasi secara rutin untuk menjaga kebersihannya. Sedangkan cara yang dapat Anda lakukan pun juga mudah, karena Anda hanya cukup menggunakan sikat gigi untuk membersihkan kerak yang menempel.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Merawat Mesin Bor dengan Benar Agar Awet

Sangat mudah melakukan perawatan pada mesin mobil manual yang dapat Anda lakukan di rumah tanpa harus datang ke bengkel dan menghabiskan uang. Jika Anda dapat merawat mesin mobil kesayangan Anda sendiri, maka hal ini pun tentunya akan lebih menghemat biaya pengeluaran Anda nantinya. Sehingga pastikan bahwa Anda mengikuti pada beberapa tips yang ada di atas agar Anda tidak merasa kesulitan dalam menjaga performa mobil Anda.

Baca Juga:  5 Tips Mudah Cara Merawat Mesin Mobil

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More