Home Gadget Soal Snapdragon 855 yang Cocok Banget Buat Para Gamers

Soal Snapdragon 855 yang Cocok Banget Buat Para Gamers

by Erin Nuzulia
HP Snapdragon 855

Snapdragon 855

Snapdragon 855 telah memperkuat sejumlah prosesor smartphone sejak pertama kali rilis pada tahun 2019. Beberapa keunggulan dari Snapdragon 855  di antaranya adalah meningkatkan daya pemrosesan, multimedia, dan streaming dengan kecepatan data, serta masih banyak lagi. 

Intinya, Snapdragon 855 adalah prosesor dengan kekuatan 7nm octa-core. Dengan empat core Cortex-A55 kecil yang dipasangkan dengan tiga core besar, sehingga dapat menargetkan kinerja yang lebih maksimal. Dibandingkan dengan pendahulunya Snapdragon 845, Snapdragon 855 tidak menunjukan peningkatan kecepatan CPU atau apapun yang menyebabkan cepat panas. Snapdragon 855 juga dilengkapi GPU Adreno 640 yang lebih kuat. Chip grafis juga menawarkan HDR untuk bermain game dan dukungan untuk rendering berbasis fisik berkualitas tinggi.

Fitur tambahan di antaranya adalah penguatan gambar, yang mendukung perekaman konten video 4K HDR dengan penghematan 30 persen untuk konsumsi daya. Bagian dari paket ini termasuk Cinema Core, decoder video H.265 dan VP9 yang menawarkan keuntungan 7x untuk efisiensi energi. Ini juga termasuk pemutaran HDR10 + dengan kecepatan hingga 120fps dan 8K (tentunya berlebihan untuk seluler), dan dukungan untuk video 360 derajat. 

Ada kekurangan dari Snapdragon 855, yakni fitur jaringan 5G. Memang jaringan 5G belum banyak beredar di pasaran, akan tetapi sayang sekali apabila ponsel dengan prosesor yang gahar tersebut tidak hadir secara maksimal. Meski begitu, Snapdragon 855 masih dapat dipasangkan dengan modem X50 eksternal dan antena radio untuk mendukung jaringan 5G. 5G Motorola Moto Z3 telah menunjukkan bahwa hal ini dapat dilakukan dengan Snapdragon 835 yang merupakan pendahulunya. 

Akhirnya, masih banyak smartphone 2020 yang jaringannya masih berbasis 4G. Dan sebagai gantinya, Snapdragon 855 mengemas dalam modem X24 LTE. Chip ini menawarkan kemampuan pengunduhan hingga 2Gbps dan kecepatan unggah memuncak pada 316Mbps. Ini dapat dicapai melalui antarmuka MIMO 4 × 4 dan mendukung agregasi operator hingga 7x20MHz di downlink dan agregasi 3x20MHz di uplink. Kecepatan teoretis itu terdengar hebat, tetapi keuntungan nyatanya kemungkinan akan ditemukan pada koneksi yang lebih baik.

Platform mobile juga secara opsional mendukung IEEE 802.11ax, juga dikenal sebagai Wi-Fi 6, untuk jaringan lokal nirkabel. Demikian pula dengan kecepatan 60GHz 802.11ay juga didukung sebagai kecepatan ekstra, siap untuk transfer Wi-Fi super cepat di atas 44Gbps per saluran, hingga 176Gbps.

HP Snapdragon 855

Lalu perangkat apa saja yang menggunakan Snapdragon 855 sebagai prosesornya? Beberapa HP Snapdragon 855 adalah Samsung Galaxy 10, Samsung Galaxy Note 10, Asus Zenfone 6, Oppo Reno 10 X Zoom, Sony Xperia 1 dan 5, Redmi K20, Asus RoG Phone II, dan masih banyak lagi. 

Sebagai prosesor gahar, ponsel-ponsel dengan Snapdragon 855 tentu dibekali juga oleh spesifikasi yang sangat mumpuni dalam menjalankan aktivitas keseharian. Rata-rata, hampir seluruh ponsel tersebut berspesifikasi ciamik, dan sangat menunjang aneka macam kegiatan, khususnya bermain game. Boleh jadi, ini salah satu keunggulan yang memang dibutuhkan pengguna smartphone masa kini. Mengingat banyak sekali game-game lawas ataupun baru yang terus memperbaharui fitur-fiturnya sehingga membutuhkan perangkat yang berkualitas untuk menjalankannya. 

Jadi, apabila kamu adalah seorang gamers sejati dan menemukan perangkatmu sudah tidak mumpuni mengoperasikan beragam game koleksimu, barangkali ada baiknya kamu melirik smartphone dengan Snapdragon 855 tersebut. Tentu kamu tidak mau melakukan aktivitas tanpa menghasilkan sesuatu yang maksimal, bukan? Apalagi dalam hal bermain game yang notabene adalah sarana hiburan. 

Baca Juga:  Nokia 3310: Mengenang Revolusi Telekomunkasi

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More