Home Mesin Pilihan Mesin Jahit Untuk Berbagai Kebutuhan

Pilihan Mesin Jahit Untuk Berbagai Kebutuhan

by Deann Allen
Pilihan Mesin Jahit Untuk Berbagai Kebutuhan

Mesin jahit dibutuhkan untuk mempercepat pekerjaan yang berhubungan dengan pakaian, tas hingga bermacam aksesoris. Dengan ragam yang semakin banyak, belakangan ini ramai produk mesin ini yang didesain khusus agar mudah digunakan di rumah atau bahkan yang menggunakan teknologi canggih untuk keperluan bisnis. Ada banyak pabrikan mesin misalnya Brother, Singer, Juki, Butterfly dan lain sebagainya yang menghadirkan bermacam alat jahit untuk berbagai kebutuhan Anda.

Pilihan Mesin Jahit Untuk Berbagai Kebutuhan

Memilih Mesin Jahit dari Tipe, Ukuran dan Fitur

Ketika akan membeli sebuah mesin jahit, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal pada mesin tersebut agar sesuai dengan kebutuhan. Diantaranya adalah

  1. Tipe

Pada dasarnya mesin jahit untuk kebutuhan rumah tangga atau usaha kecil terdiri atas 3 kategori, komputer, elektronik dan listrik.

Pada mesin yang berbasis komputer, komponen dan teknik menjahit dikendalikan mikrokomputer. Mesin ini agak membingungkan pada pengoperasiannya terutama saat baru pertama kali menggunakan. Namun hal terserbut bertujuan untuk memudahkan pekerjaan Anda kelak. Kekurangan dari mesin ini terletak pada harga yang mahal.

Mesin elektronik ini komponen dan gerakan jarum dikendalikan secara elektrik. Lain dari mesin komputer, Anda harus mengatur benang secara manual. Varian jahitan cukup terbatas pada mesin jenis ini. namun kelebihan dari mesin jenis ini adalah kekuatannya yang masih cocok untuk jahitan yang tebal.

Sementara mesin jahit listrik menggunakan motor untuk menggerakan jarum. Penyesuaian benang juga dilakukan manual. Mesin ini lebih cocok bagi Anda yang sudah memiliki keterampilan menjahit. Kelebihan dari tipe ini adalah harganya yang murah.

  1. Ukuran

Berdasar ukuran, mesin jahit untuk rumahan dibagi menjadi 2 yaitu full dan compact.

Mesin full size memiliki berat 7  hingga 10 kg lebih yang sebenarnya lebih pas digunakan bagi para pemula dengan kemampuan menjahit bahan tebal. Dengan komponen berbahan logam, alat ini memiliki daya tahan yang lebih baik. Namun dengan dimensi dan bobotnya tersebut membuat mesin ini menjadi kurang praktis jika digunakan di rumah atau lokasi usaha yang kecil karena tidak mudah dipindah-pindah.

Baca Juga:  Mengenal Tipe Mesin Potong Rumput untuk Berbagai Kebutuhan

Mesin compact atau ringkas justru populer bagi para pemula karena memiliki bobot yang hanya sekitar 5 kg dengan dimensi yang lebih kecil dan harga lebih murah. Karena sifatnya yang lebih ringkas dan ringan maka bahan materialnya pun didominasi oleh plastik. Alhasil kekuatan dan keawetannya pun menjadi kurang maksimal saat bertemu bahan tebal atau digunakan para pemula.

Baca juga: Jenis Mesin Jahit yang Diminati Saat Ini

  1. Fitur

Ada sejumlah fitur lain yang juga menunjang kebutuhan menjahit yang bisa Anda pertimbangkan antara lain dukungan operasi komputer, fungsi untuk bordir hingga fitur motor (dinamo) kontrol. Beberapa fitur tambahan ini kadang ada yang dijual terpisah atau sepaket. Telitilah dahulu spesifikasi mesin sebelum memutuskan membelinya.

Itulah tadi beberapa pertimbangan yang bisa Anda pikirkan sebelum membeli mesin jahit untuk kebutuhan rumah atau untuk usaha. Dengan membeli mesin yang tepat, maka manfaat maksimal dari mesin tersebut bisa Anda dapatkan. Aspek perawatan menjadi salah satu hal wajib diperhatikan agar mesin yang Anda beli tersebut tetap awet dan dapat selalu diandalkan.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More