Home Gadget Nokia 3310: Mengenang Revolusi Telekomunkasi

Nokia 3310: Mengenang Revolusi Telekomunkasi

by Erin Nuzulia

Wahai anak-anak (atau bapak ibu?), siapa di antara kalian yang tidak pernah mendengar rumor dari hadirnya sebuah gadget tahan banting dan tak terhancurkan, bernama Nokia 3310? Atau bahkan di antara kalian, pasti ada yang secara langsung pernah memegang dan mengoperasikan benda sakti yang satu ini. Saking sakralnya, Nokia 3310 dilahirkan kembali dengan versi kekinian loh di tahun 2017 lalu. Cek lengkapnya di https://review.bukalapak.com/gadget/5-fakta-unik-nokia-3310-reborn-11796

Okay, kembali pada versi original yang melegenda itu, dirilis pada bulan September tahun 2000, Nokia 3310 berhasil masuk dan mendominasi pasar teknologi berkat fitur baru yang ia tawarkan. Bahkan, hanya bermodal desain saja gadget ini sudah berhasil menyita perhatian berkat modelnya yang compact, imut, dan elegan di masanya. Siapa pun yang memegang benda ini bakal dicap sebagai manusia futuritik saat itu.

Nokia 3310 lahir dari seorang muda jenius bernama Lone Tram Middleton. Ia masih berusia kisaran 20 tahun ketika ditugaskan untuk memimpin sebuah tim berisi 40 orang engineer, ilmuwan, dan pebisnis ambisius. Dengan 2 tahun kepemimpinannya, komposisi ideal dari gawai ini berhasil disempurnakan, mulai dari ringtone, hadirnya game snake versi 2, hingga bentuk fisiknya.

Saat pertama kali rilis, Nokia 3310 diperkirakan akan terjual 20 juta unit. Namun, pada kenyataannya, 126 juta produk berhasil dipasarkan dan dinikmati oleh penggunanya di seluruh dunia. Bahkan secara domestik, gara-gara ini Nokia bertanggung jawab atas 4% dari GDP total Finlandia, karena 90% penduduknya menggunakan series 3310 ini. Angka ini tidak hanya fantastis di kala itu, tapi jika kita bandingkan dengan data kekinian, 6 dari 10 ponsel dengan penjualan terbaik sepanjang masa masih dikuasai oleh produk awal Nokia, dengan produk induk 3310 beserta turunannya.

Baca Juga:  Oppo A37 VS Samsung J5

Keberhasilan memenangkan pasar yang diraih Middleton itu bukan serta merta karena keberuntungan. Melainkan ambisi yang berdasarkan pada target spesifik. Nokia 3310 adalah ponsel pertama di dunia yang secara khusus menargetkan pengguna muda dengan usia sekitar 20-an. Revolusi kirim pesan via SMS, kustomisasi wallpaper dan cover, serta ekspresi ringtone monokrom berdasarkan lagu favorit berhasil membuat jiwa muda memilihnya. Terlebih lagi, 3310 datang dengan daya tahan tinggi dan mendobrak tren rapuh alias “mudah pecah” yang telah melekat pada peralatan elektronik kala itu. Khusus untuk tagline ponsel tahan banting ini, sampai sekarang masih melekat erat pada diri Nokia 3310.

Waktu yang cukup lama dihabiskan tim Middleton untuk mendesain dan menciptakan keyboard T9 pada Nokia 3310. Ingin menampilkan wajah tersenyum, mereka menggunakan desain berkelok ke atas dan membingkai, disertai backlight ringan yang ikonik. Keypad tersebut sengaja dioptimalkan untuk membantu mempromosikan fitur baru di bagian sms. Lucunya, justru fitur baru penunjang “chat” ini menjadi yang paling tidak terkenal di kalangan remaja, dibandingkan dengan fitur wallpaper, kustomisasi cover, atau ringtone. Terkait gagal pahamnya orang-orang mengenai fitur chat di Nokia 3310, Sang kepala pemasaran, Henri Holm bahkan berujar, “Fitur ini terlalu canggih di masa itu”.

Biarpun kini hampir dua dekade sejak Nokia 3310 dirilis, gawai ini memberikan pelajaran yang amat berharga bagi perkembangan teknologi di seluruh dunia. Tidak peduli secanggih apa sebuah produk, fungsi utamanya adalah untuk menjawab kebutuhan pengguna. Middleton menambahkan dalam pesannya, “ketika kamu bekerja dengan teknologi, sangat mudah bagimu untuk terlena karena potensinya, hingga lupa untuk membuatnya tetap relevan terhadap kebutuhan orang-orang”.

Dengan segudang fitur yang berhasil menjadi salah satu revolusi besar di dunia, Nokia 3310 pun kembali diproduksi dengan penyegaran teknologi di tahun 2017. Hadir dengan layar berwarna, pilihan cover yang lebih muda, kamera, dan tentunya game snake yang telah diperbarui, Nokia 3310 reborn menjawab rasa rindu dan pelajaran berharga atas kesuksesan masa awal perkembangan teknologi telekomunikasi.

Baca Juga:  Daftar 5 Webcam Terbaik 2020 untuk Menunjang Keamanan Rumah Anda!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More