Home Gadget Kamu Punya Kamera Nikon? Ini Hal Dasar yang Harus Kamu Ketahui!

Kamu Punya Kamera Nikon? Ini Hal Dasar yang Harus Kamu Ketahui!

by Erin Nuzulia
nikon

Kamera nikon sendiri merupakan sebuah brand hasil karya sebuah perusahaan Jepang yang mengkhususkan dalam bidang optik dan gambar. Adalah Nikon-Corporation (NiconCorp, Nikon) yang memproduksi peralatan dalam bidang optik termasuk pada alat pengukur, teropong, hingga kamera.

Perusahaan NikonCorp sendiri sudah berdiri pada 1917 di Tokyo, Jepang. Hingga kini sudah memiliki karyawan senilai puluhan ribu. Ia termasuk ke dalam salah satu perusahaan Mitsubishi.

Perusahaan yang bergerak di bidang Industri consumer electronics ini juga memiliki kantor pusat yang berada di Yurakucho, Tokyo, Jepang. Namun, jangan salah. Wilayah operasinya kini ada di seluruh dunia.

nikon

Hingga saat ini Nikon Coorporation memiliki produk yang terkenal hingga mancanegara, diantaranya:

Kamu Punya Kamera Nikon? Ini Hal Dasar yang Harus Kamu Ketahui!

  1. Kamera
  2. SLR Kamera
  3. Kamera Monokular
  4. Kamera BinokPunya kamera terkenal buatan nikon, dan kamu tertarik pada bidang fotografi? Lihat cara setting dasar kamera nikon agar hasilnya menakjubkan!ular
  5. Teleskop Binokular
  6. Field Microscopy
  7. Laser Rangefinder
  8. Precision Equipment
  9. Microscop
  10. Ophtalmic Lens
  11. Hingga Instrumental Products.

Diantara produknya tersebut, ada lagi produk terkenalnya, yakni lensa kamera Nikkor, kamera profesional seri NikonF, kamera dalam air Nikonos, hingga digital kamera atau kamera SLR Nikon-seri-D yang sangat banyak digunakan.

Tak hanya keunggulan saja yang dimiliki, namun nyatanya pada lensa kamera-nikon ini juga memiliki saingan utama dari produk Canon, Olympis, Minolta, Pentax, hingga Leica.

nikon

Nah, buat kamu yang sudah membeli ataupun ingin membeli kamera seri D dari Nikon ini bisa lihat hal dasar yang sebelumnya wajib kamu tahu untuk hasil foto yang lebih eksotis dan kece.

Kamu Punya Kamera Nikon? Ini Hal Dasar yang Harus Kamu Ketahui!

  1. Men-setting Kontrol Gambar

Atau set Picture Control, yang mana pada menu satu ini sangat berguna untuk memilih variasi warna yang akan kamu gunakan.

Baca Juga:  Daftar 5 Webcam Terbaik 2020 untuk Menunjang Keamanan Rumah Anda!

Setting menu ini tersedia dalam pilihan standar, landscape, portait, vivid, netral, hingga monokrom. Nah, tak perlu khawatir, ada kok pengaturan secara manual pada masing masing kontrol gambarnya.

  1. Mode Tampilan

Pada beberapa kamera seri D memang menu ini tidak selalu ada. Akan tetapi, sebaiknya kamu juga perlu mengetahui menu ini karena fungsinya yang berguna untuk segala jenis pemotretan.

Mulai dari pemotretan candle light, beach, kids, high key, siluet, sports, dan juga suasana malam tentunya.

  1. Reset Shooting Options

Menu setting dasar ini memiliki fungsi untuk mengembalikan segala pengaturan terkait shooing menu pada keadaan seperti semula.

Tentu ini bisa jadi penolong kan buat kamu saat tanpa sadar mengutak atik, atau panik salah pencet tombol.

  1. Pengaturan Picture Control

Nah, kalo ini sih fungsinya untuk menentukan apakah foto hasil tangkapanmu akan di save atau tidak. Jika kurang puas atau tidak suka dengan hasil fotonya, bisa langsung dihapus dengan tidak menekan tombol save ya.

nikon

  1. Image Size

Disini ada menu dasar untuk mengatur besaran gambar. Mulai dari setingan Small, Medium, hingga Large. Pada rincian ukurannya juga bergantung pada piksel yang dimiliki oleh kamera-mu ya.

  1. Kualitas Gambar (Image Quality)

Setting dasar ini punya fungsi untuk menentukan kualitas foto hasil tangkapanmu. Dengan pilihan penyimpanan JPEG maupun RAW Neff.

  1. Active D-Light

Pada menu ini punya fungsi untuk memberikan nuansa terang pada bagian foto yang gelap.

  1. Auto Distortion Control

Yakni punya fungsi untuk mengoreksi barel atau distorsi pincushion-nya saat kamu memotret dengan lensa tipe-D, tipe-G, fisheye, atau model tertentu lainnya.

Masih ada beberapa menu setting seperti White Balance, ISO sensitivity, Area Mode hingga Noise Reduction yang bisa kamu kenali.

Baca Juga:  Oppo A37 VS Samsung J5

Settingan dasar tersebut memang lebih banyak ditemukan pada kamera seri-D, termasuk D3000 ya. Oh ya, kamu juga bisa pantau harga nikon D3000 di situs online, karena memang sih ternyata banyak juga yang cari kamera ini untuk pemula.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More